Pengaruh Latihan Burpees terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Tahan Otot Lengan Pemain Bolavoli SMAN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Pitriani, Pitriani (2024) Pengaruh Latihan Burpees terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Tahan Otot Lengan Pemain Bolavoli SMAN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_PITRIANI_19087131_10787_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya daya ledak otot tungkai dan daya tahan otot lengan pemain bolavoli SMAN 1 Gunung Tuleh Kabupaten PasamanBarat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh latihan burpees terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai dan daya tahan otot lengan pada pemain bolavolidi SMAN 1 Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan melibatkan 20 atlet bolavoli dari SMAN 1 Gunung Tuleh, kemudian 12 atlet dipilih sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan daya ledak otot tungkai adalah tes vertical jump. Data dikumpulkan melalui pengujian pre-test dan post-test setelah melalui pelaksanaan perlakuan latihan burpees selama 16 kali pertemuan, dengan frekuensi latihan 4 kali dalam seminggu. Analisis statistik dilakukan dengan uji normalitas Liliefors dan uji-t dengan tingkat signifikansi α=0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa latihan burpees memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai dan daya tahan otot lengan pada pemain bolavoli. Dalam uji t, thitung untuk pengaruh terhadap daya ledak otot tungkai adalah 9,95 (ttabel=1,78), dan untuk pengaruh terhadap daya tahan otot lengan adalah 11,84 (ttabel=1,87), pada taraf signifikansi α=0,05. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa latihan burpees dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan daya ledak otot tungkai dan daya tahan otot lengan pada pemain bolavoli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LATIHAN BURPEES, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, DAYA TAHAN OTOT LENGAN IV
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:18
Last Modified: 25 Mar 2024 06:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50886

Actions (login required)

View Item View Item