Pengaruh Literasi Keuangan dan Inovasi Terhadap Keberlanjutan Usaha melalui Perilaku Wirausaha: Studi Pada Usaha Bordir dan Sulaman di Kota Pariaman

Alwafi, Alfiana (2024) Pengaruh Literasi Keuangan dan Inovasi Terhadap Keberlanjutan Usaha melalui Perilaku Wirausaha: Studi Pada Usaha Bordir dan Sulaman di Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ALFIANA_ALWAFI_19053070_420_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan dan inovasi terhadap keberlanjutan usaha melalui perilaku wirausaha (studi pada usaha bordir dan sulaman di Kota Pariaman). Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel yang didapat dengan rumus Slovin adalah sebanyak 144 sampel. Teknik pengumpulan data kuesioner yang disusun dengan menggunakan skala likert. Metode analisis menggunakan analisis jalur (path analisis) dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap keberlanjutan usaha 2) inovasi berpengaruh signifikan terhadap keberlanjutan usaha 3) perilaku wirausaha berpengaruh signifikan terhadap keberlanjutan usaha 4) literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku wirausaha 5) inovasi berpengaruh signifikan terhadap perilaku wirausaha 6) Literasi keuangan tidak memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung terhadap keberlanjutan usaha 7) Inovasi memiliki hubungan langsung dan tidak langsung terhadap keberlanjutan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuhendri LV, Yuhendri LVUNSPECIFIED
CorrectorFriyatmi, FriyatmiUNSPECIFIED
CorrectorCerya, EfniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LITERASI KEUANGAN, PERILAKU WIRAUSAHA, KEBERLANJUTAN USAHA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:10
Last Modified: 22 Mar 2024 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50864

Actions (login required)

View Item View Item