Alexander, Alexander
(2024)
Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction pada Pengguna E-Commerce Tokopedia di Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pertumbuhan e-commerce terjadi sangat pesat di indonesia seiring dengan semakin meningkatnya pertumbuhan jumlah para pengguna internet di Indonesia. Banyaknya e-commerce baru bermunculan dan berkembang akan semakin memudahkan konsumen dalam melakukan komparasi pembelian suatu produk yang sama antar e-commerce yang berbeda. Kondisi ini dapat membentuk sebuah persaingan baru antar e-commerce agar dapat mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel mediasi pada pengguna e-commerce Tokopedia di Sumatera Barat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non- probability sampling dan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 170 responden dengan ketentuan berusia minimal 17 tahun dan merupakan pengguna aktif Tokopedia yang pernah melakukan transaksi sebagai pembeli lebih dari dua kali. Analisis data yang diguanakan adalah Partial Least Square (PLS) dan dibantu dengan software SmartPLS 4.0
Hasil penelitian ini yaitu e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty, e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction, e-satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty dan e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty dimediasi oleh e-satisfaction.
Actions (login required)
|
View Item |