Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang

Oktavira, Salsabila (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SALSABILA_OKTAVIRA_314_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis berperan penting dalam pembelajaran matematika, karena pemecahan masalah tidak mengutamakan penemuan hasil melainkan keterampilan peserta didik untuk berfikir kreatif dan terampil memilih proses dan strategi pemecahan masalah. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 padang tahun pelajaran 2022/2023 masih rendah, hal ini disebabkan oleh peserta didik lebih cenderung menerima materi yang disampaikan pendidik tanpa berperan aktif dalam pembelajaran. Akibatnya peserta didik hanya menghafal dari penjelasan pendidik, dan meniru langkah penyelesaian yang sudah diberikan, serta model yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelas XI MIPA 1 dan sebagai kelompok kontrol adalah kelas XI MIPA 3. Instrumen penelitian berupa tes kamampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan analisis data menggunakann uji-t, diperoleh P-value = 0,008. Karena

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:09
Last Modified: 22 Mar 2024 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50845

Actions (login required)

View Item View Item