Yuwita, Intan
(2023)
Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Junjung Sirih.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Kedua, mendeskripsikan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Junjung Sirih.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Junjung Sirih yang berjumlah 30 teks. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pancing. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Penganalisisan data terdiri dari, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal. Pertama, struktur teks laporan hasil observasi yang ditulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Junjung Sirih ada tiga, yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Dari 30 teks laporan hasil observasi yang dianalisis, terdapat 27 teks memiliki definisi umum yang tepat dan 3 teks memiliki definisi umum yang tidak tepat. 27 teks memiliki deskripsi bagian yang tepat dan 3 teks memiliki deskripsi bagian yang tidak tepat. 25 teks memiliki deskripsi manfaat yang tepat dan 5 teks memiliki deskripsi manfaat yang tidak tepat. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Junjung Sirih telah mampu menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur yang telah ditentukan tetapi masih ada siswa yang menulis teks laporan hasil observasi belum sesuai dengan struktur yang telah ditentukan. Kedua, ciri kebahasaan yang terdapat pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Junjung Sirih yaitu repetisi, kalimat definisi, pronomina, dan konjungsi. Dari 30 teks laporan hasil observasi yang dianalisis, terdapat 21 teks telah memiliki ciri kebahasaan dengan lengkap dan 9 teks belum memiliki ciri kebahasaan dengan lengkap. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan pada umumnya siswa telah mampu menulis teks laporan hasil observasi yang sesuai dengan ciri kebahasaan yang telah ditentukan, tetapi masih ada siswa yang belum menulis teks laporan hasil observasi sesuai dengan ciri kebahasaan.
Actions (login required)
|
View Item |