Pramudya, Aldhi
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Html 5 pada
Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK Negeri 1 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan keterbatasan
pengembangan media pembelajaran Teknik Pemesinan Bubut yang ada di SMK Negeri 1
Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreatifitas, tingkat kelayakan dan respon
media pembelajaran berbasis FLIP HTML 5 pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas
XI SMKN 1 Padang. Metode penelitian ini menggunakan model (ADDIE),dengan desain dan
langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut.(1) Analysis, (2) Design, (3)
Development, (4) Implementatio, dan (5)Evaluation. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan solusi inovatif dalam penyampaian materi teknik pemesinan bubut, meningkatkan
keterlibatan siswa, dan mendukung pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan SMK Negeri
1 Padang. Evaluasi implementasi media ini melibatkan partisipasi siswa dan guru untuk
memastikan kualitas dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan prosedur penelitian ADDIE
untuk mengembangkan sebuah produk. Penelitian pengembangan atau disebut juga dengan R&D
(Research and Development) yang digunakan untuk memvalidasi produk yang telah ditentukan.
Berdasarkan hasil validasi dari ketiga ahli mengenai produk E-Modul, kualitas E-Modul
menggunakan model PBL pada mata pelajaran Pemesinan Bubut kelas XI Sekolah Menengah
Kejuruan mendapat rata-rata skor sebanyak 94,75 serta memiliki kualitas “sangat baik” serta
hasil dari angket praktikalitas yang dibagikan kepada siswa setelah implementasi modul ajar
mencapai skor akhir 87.57 yang dapat dikategorikan dengan kriteria “sangat praktis”. Dari hasil
validasi dan angket praktikalitas tersebut dapat disimpulkan bahwa produk berbasis Project
Based Learning pada mata pelajaran Pemesinan Bubut kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan
sangat layak digunakan
Actions (login required)
|
View Item |