Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Html 5 pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK Negeri 1 Padang

Pramudya, Aldhi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Html 5 pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ALDHI_PRAMUDYA_19067003_1727_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan keterbatasan pengembangan media pembelajaran Teknik Pemesinan Bubut yang ada di SMK Negeri 1 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreatifitas, tingkat kelayakan dan respon media pembelajaran berbasis FLIP HTML 5 pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMKN 1 Padang. Metode penelitian ini menggunakan model (ADDIE),dengan desain dan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut.(1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementatio, dan (5)Evaluation. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi inovatif dalam penyampaian materi teknik pemesinan bubut, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mendukung pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan SMK Negeri 1 Padang. Evaluasi implementasi media ini melibatkan partisipasi siswa dan guru untuk memastikan kualitas dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan prosedur penelitian ADDIE untuk mengembangkan sebuah produk. Penelitian pengembangan atau disebut juga dengan R&D (Research and Development) yang digunakan untuk memvalidasi produk yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil validasi dari ketiga ahli mengenai produk E-Modul, kualitas E-Modul menggunakan model PBL pada mata pelajaran Pemesinan Bubut kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan mendapat rata-rata skor sebanyak 94,75 serta memiliki kualitas “sangat baik” serta hasil dari angket praktikalitas yang dibagikan kepada siswa setelah implementasi modul ajar mencapai skor akhir 87.57 yang dapat dikategorikan dengan kriteria “sangat praktis”. Dari hasil validasi dan angket praktikalitas tersebut dapat disimpulkan bahwa produk berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran Pemesinan Bubut kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan sangat layak digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorNurdin, HendriUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BulkiaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:12
Last Modified: 21 Mar 2024 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50837

Actions (login required)

View Item View Item