Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Energi Terbarukan

Siregar, Mutia Al Falah (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Energi Terbarukan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MUHANDISA_MUSKHIR_18029149_524_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kurikulum merdeka menyebabkan peserta didik dapat belajar dengan mandiri akan tetapi masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan. Oleh karna itu, perlu dikembangkan e-modul berbasisi discovery learning pada materi energi terbarukan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah education design research menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapan penelitian terdiri preliminary research, development or prototyping phase, dan assement phase. Penelitian ini dilakukan sampai Development or Prototyping Phase pada tahap small group. Objek pada penelitian ini adalah E-Modul berbasis discovery learning pada materi energi terbarukan. Data yang diperoleh berasal dari hasil preliminary researchdengan pengumpulan data wawancara dan lembar angket yang dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil self evaluationdengan pengumpulan data lembar angket yang dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil validasi oleh lima validator dengan indeks validitas Aiken’ V. Hasil One to one dengan pengumpulan data lembar angket yang dianalisis dengan teknik persentase. Hasil praktikalitas small group dengan pengumpulan data lembar angket yang dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat dijelaskan hasil uji self evaluation diperoleh nilai rata-rata sebesar 94,79% dengan kategori sangat baik. Hasil uji exert review e-modul diperoleh nilai rata-rata 0,89 dengan kategori valid. Hasil uji one to one diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,25% dengan katergori sangat praktis, Hasil uji small group diperoleh nilai kepraktisan yaitu sebesar 83,76% dengan kategori sangat praktis untuk siswa dan untuk guru sebesar 89,72% dengan kategori sangat praktis . Kesimpulan diperoleh design e-modul berbasis discovery learning pada materi energi terbarukan dinyatakan valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, DISCOVERY LEARNING, ENERGI TERBARUKAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:14
Last Modified: 21 Mar 2024 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50836

Actions (login required)

View Item View Item