Kajian Numerik Pengaruh Sudut Bukaan Guide Vane terhadap Daya Output dan Efisiensi Turbin Crossflow pada PLTMH Lubuk Kilangan Kota Padang

Alfarizi, Aldi (2023) Kajian Numerik Pengaruh Sudut Bukaan Guide Vane terhadap Daya Output dan Efisiensi Turbin Crossflow pada PLTMH Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Aldi_Alfarizi_19338023_1503_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sudut bukaan guide vane terhadap daya output dan efisiensi turbin crossflow pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lubuk Kilangan, Kota Padang. Pendekatan penelitian yang dilakukan melibatkan pemanfaatan metode simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan menerapkan model turbulensi k-Epsilon RNG, yang diimplementasikan melalui perangkat lunak Ansys Fluent versi 2023 R2. Langkah simulasi CFD meliputi pembuatan desain menggunakan software Solidwork 2020 dengan memvariasikan besar sudut bukaan guide vane turbin yaitu sudut 53°, 64°, 75°, dan 86°, kemudian desain diekspor ke software Ansys. Selanjutnya, dilakukan proses meshing dan setting boundary condition. Langkah terakhir yaitu proses solution dan result untuk menampilkan output simulasi. Dari simulasi yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa sudut bukaan guide vane berpengaruh terhadap daya ouput dan efisiensi turbin crossflow, dimana semakin kecil sudut bukaan guide vane, daya output dan efisiensi turbin semakin meningkat. Daya tertinggi diperoleh pada sudut bukaan 53° yang menghasilkan daya ouput sebesar 7,6 kW dan efisiensi 86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwizet, KUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorLapisa, RemonUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:12
Last Modified: 21 Mar 2024 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50835

Actions (login required)

View Item View Item