Afdi, Alham Galib
(2023)
Implementasi Model Pembelajaran Project Based
Learning pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik
Permesinan (TPM) di SMK Negeri 2 Kota Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
SMK salah satu jenis pendidikan menengah di Indonesia. Pendidikan
merupakan point terpenting dalam pembelajaran seperti memakai model
pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik. Hasil belajar merupakan aspek
pencapaian dalam suatu keberhasilan siswa di dalam kelas. Nilai yang diperoleh
siswa harus melebih KKM. Hasil belajar Permesinan Bubut kelas XI TPM 1 di
SMK Negeri 2 Kota Solok masih belum sesuai dengan yang diinginkan.
Sehingga, penulis ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui
penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran
Teknik Permesinan Bubut kelas XI Teknik Permesinan 1 (TPM 1) SMK Negeri 2
Kota Solok.
Penelitian ini dilaksanakan melalui classroom action research. Subjek
penelitian yaitu siswa kelas XI Teknik Permesinan 1 yang berjumlah 20 orang.
Penelitian dimulai sejak pembuatan proposal pada bulan Juni-Oktober 2023
dengan tiga siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda
untuk tingkat kognitif dan lembar pengamatan proyek pada tingkat psikomotorik.
Hasil dari pelaksanaan Siklus 1 yaitu penilaian pengetahuan dan
keterampilan dengan nilai 78,56. Hasil ini naik pada Siklus 2 dengan perolehan
nilai yaitu 83,04. Begitu juga pada Siklus 3 mengalami kenaikan menjadi 84,25.
Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu 75 dengan ketuntasan
klasikal 75%. Sementara, ketuntasan klasikal Siklus 1 yaitu 40%, Siklus 2 yaitu
70% dan Siklus 3 yaitu 85%. Jadi, kesimpulanya pembelajaran berbasis project
based learning pada mata pelajaran Teknik Permesinan Bubut mampu
meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa.
Actions (login required)
|
View Item |