Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Permesinan (TPM) di SMK Negeri 2 Kota Solok

Afdi, Alham Galib (2023) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Permesinan (TPM) di SMK Negeri 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Alham_Galib_Afdi_19067080_1127_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

SMK salah satu jenis pendidikan menengah di Indonesia. Pendidikan merupakan point terpenting dalam pembelajaran seperti memakai model pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik. Hasil belajar merupakan aspek pencapaian dalam suatu keberhasilan siswa di dalam kelas. Nilai yang diperoleh siswa harus melebih KKM. Hasil belajar Permesinan Bubut kelas XI TPM 1 di SMK Negeri 2 Kota Solok masih belum sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga, penulis ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran Teknik Permesinan Bubut kelas XI Teknik Permesinan 1 (TPM 1) SMK Negeri 2 Kota Solok. Penelitian ini dilaksanakan melalui classroom action research. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Teknik Permesinan 1 yang berjumlah 20 orang. Penelitian dimulai sejak pembuatan proposal pada bulan Juni-Oktober 2023 dengan tiga siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda untuk tingkat kognitif dan lembar pengamatan proyek pada tingkat psikomotorik. Hasil dari pelaksanaan Siklus 1 yaitu penilaian pengetahuan dan keterampilan dengan nilai 78,56. Hasil ini naik pada Siklus 2 dengan perolehan nilai yaitu 83,04. Begitu juga pada Siklus 3 mengalami kenaikan menjadi 84,25. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu 75 dengan ketuntasan klasikal 75%. Sementara, ketuntasan klasikal Siklus 1 yaitu 40%, Siklus 2 yaitu 70% dan Siklus 3 yaitu 85%. Jadi, kesimpulanya pembelajaran berbasis project based learning pada mata pelajaran Teknik Permesinan Bubut mampu meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorYufrizal, AUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:12
Last Modified: 21 Mar 2024 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50834

Actions (login required)

View Item View Item