Optimasi pada Sepeda Motor FI Penggunaan ECU Programmable dan Campuran Ethanol Terhadap Emisi Gas Buang dengan Metode Taguchi

Gunawan, Akmal (2023) Optimasi pada Sepeda Motor FI Penggunaan ECU Programmable dan Campuran Ethanol Terhadap Emisi Gas Buang dengan Metode Taguchi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_akmal_gunawan_19073077_2298_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Beberapa sarana transportasi yang digunakan untuk berpergian menuju suatu tujuan tempat, baik berada di dalam dan luar kota serta di tempat terpencil salah satunya sepeda motor sebagai alat transportasi masyarakat pada umumnya. Dengan harga yang terjangkau terebut menghasilkan sepeda motor banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia. Jumlah bahan bakar minyak yang dibutuhkan terutama sepeda motor dan mobil meningkat setiap tahun, hal ini berpengaruh terhadap ketersediaan bahan fosil yang semakin menipis salah satunya, yaitu bahan bakar berjenis bensin. Berbagai jenis alat transportasi salah satunya sepeda motor yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar sehingga banyak para ahli yang melakukan berbagai cara untuk mengembangkan bahan bakar alternatif untuk minimalisasi pemakaian bensin untuk sumber energi utama. Penelitian ini bertujuan sebagai Optimasi Pada Sepeda Motor FI Penggunaan ECU Programmable dan Campuran Ethanol Terhadap Emisi Gas Buang Dengan Metode Taguchi. Penelitian ini menggunakan perbandingan jenis busi, waktu penginjeksian, waktu pengapian serta campuran bahan bakar ethanol dan pertalite yang divariasikan dalam mengurangi emisi gas buang pada sepeda motor FI, dengan menggunakan metode Taguchi. Penelitian ini menggunakan robust design dengan 4 faktor dan 3 level, yaitu faktor A (busi nikel, iridium dan platinum), B (waktu penginjeksian dengan level faktor 360 ), faktor C (waktu pengapian 5 o o , 355 o , dan 350 o o o , 7 , dan 9 ), dan faktor D (biogasoline E10, E20, dan E30). Menggunakan objek sepeda motor Honda Beat FI pengujian dilakukan pada saat mesin idle, pengukuran emisi gas buang menggunakan gas analyzer yang mana dilakukan sebanyak 3 kali pengambilan data. Hasil penelitian yang telah dilakukan rancangan yang optimal untuk menurunkan hidrokarbon (CO) adalah dengan memakai jenis busi iridium, waktu penginjeksian 350 ), waktu pengapian 5 o (diperlambat 10 o , dan biogasoline E30 (ethanol 30% : pertalite 70%), dan yang paling optimal pada karbon monoksida (HC) adalah dengan memakai jenis busi iridium, waktu penginjeksian 350 o ), dan biogasoline E30 (ethanol 30% : pertalite 70%). o (diperlambat 10 o ), waktu pengapian 9 o (dimajukan 4 o

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
CorrectorArif, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:10
Last Modified: 21 Mar 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50831

Actions (login required)

View Item View Item