Siregar, Hendra Putra Parlindungan
(2023)
Hubungan Aktivitas Bermain terhadap
Kemampuan Motorik Anak SD Islam Terpadu Kota Padangsidimpuan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan aktivitas sehari-hari
siswa terutama aktivitas bermain siwa satu dengan siswa yang lainnya
mengakibatkan keberagaman kemampuan motorik siswa SDIT Kota
Padangsidimpuan. Tingginya kemampuan motorik siswa di duga karena tingginya
aktivitas bermain siswa, sebaliknya rendahnya kemampuan motorik siswa di duga
karena rendahnya aktivitas bermain siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan aktivitas bermain dengan kemampuan motorik siswa SDIT
Kota Padangsidimpuan.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1063 siswa yang berasal dari 2
sekolah yaitu SDIT Bunayya Kota Padangsidimpuan dan SDIT Darul Hasan Kota
Padangsidimpuan.Tehnik pengumpulan sampel diambil secara purposive sampling
yaitu tehnik pengumpulan data dengan mempertimbangkan tertentu, dengan
menentukan kriteria siswa yang tertarik pada olahraga, maka sampel dalam
penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diantaranya 28 siswa laki-laki dan 12 siswa
perempuan. Data aktivitas bermain diperoleh melalui angket yang telah di uji
Validitas dan Reliabilitasnya dan kemampuan motorik menggunakan tes
kemampuan motorik.Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan
analisis korelasi Product Moment dari Pearson.
Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, maka terlebih dahulu dilakukan uji
normalitas untuk mengetahui apakah data berasal dari populasi yang berdistribusi
normal atau tidak, uji lineritas untuk mengetahui apakah data memiliki hubungan
linear. Hasil analisis korelasi hubungan antara aktivitas bermain (X) dengan
kemampuan motorik (Y) siswa SDIT Kota Padangsidimpuan,diperoleh nilai rhitung
= 0,652 > rtabel = 0,312 dan nilai thitung = 5,299 > ttabel = 2,021. Artinya, terdapat
hubungan yang signifikan antara aktivitas bermain (X) dengan kemampuan
motorik (Y) siswa SDIT Kota Padangsidimpuan
Actions (login required)
|
View Item |