Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Palembayan.

Putri, Jahsy Az-Zahra (2024) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Palembayan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_JAHSY_AZ-ZAHRA PUTRI_19029092_464_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Palembayan tahun ajaran 2023/2024 masih rendah. Untuk mengatasinya diterapkan pendekatan RME. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan RME serta mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didiknya lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan Saintifik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy experiment dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Palembayan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu Simple Random Sampling dengan kelas IX-1 dan IX-2 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk essay. Pengujian hipotesis penelitian ini dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada indikator memahami masalah, dan merencanakan penyelesaian masalah, sedangkan indikator menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali hasil mengalami penurunan dan peningkatan dengan diterapkannya pendekatan RME. Serta, pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan Saintifik di kelas IX SMP Negeri 3 Palembayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, PENDEKATAN RME, PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:55
Last Modified: 21 Mar 2024 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50822

Actions (login required)

View Item View Item