Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota

Habillah, Maigy Yahdi (2024) Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_MAIGY_YAHDI_HABILLAH_18086285_1336.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan dalam kurikulum nasional yang bertujuan untuk membantu pembinaan dan pengembangan individu maupun kelompok dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental,sosial serta emosioanla yang serasi selaras dan seimbang. Kurang seriusnya siswa kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh dalam belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan diakibatkan oleh kurangnya sarana dan prasaranan olahraga,keadaan lingkungan yang tidak memadai, tingkat kebugaran jasmani siswa, latar belakang ekonomi orang tua, metode yang diajarkan kurang tepat Masalah dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar PJOK siswa kelas V SD Negeri 02 Sariaklaweh. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 02 Sariaklaweh yang berjumlah 31 orang siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang, terdiri dari 18 siswa dan 13 siswi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kebugaran jasmani kelompok usia 10-12 tahun atau untuk siswa sekolah dasar. Tekik analisis data menggunakan teknik analisis uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebugaran jasmani siswa pada kategori kategori baik sekali 1 orang dengan persentase 3,22%, , kategori baik sebanyak 7 orang dengan persentase 22,58%, kategori sedang sebanyak 13 orang dengan persentase 41,93%, kategori kurang sebayak 9 orang dengan persentase 29,03%, dan kategori kurang sekali sebanyak 1 orang dengan persentase 3,22%. Maka dari hasil rata-rata kebugaran jasmani siswa kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh secara keseluruhan di kategorikan sedang. (3) Terdapat Hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan hasil belajar PJOK dengan korelasi (0,126) memiliki tingkat hubungan yang sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtradinal, AtradinalUNSPECIFIED
CorrectorNeldi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorAsnaldi, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebugaran Jasmani Siswa Pembelajaran PJOK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:55
Last Modified: 21 Mar 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50816

Actions (login required)

View Item View Item