Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan dengan Kemampuan Smash Pemain Bolavoli Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Hiliran Gumanti

Putra, Febri Edo (2024) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan dengan Kemampuan Smash Pemain Bolavoli Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Hiliran Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FEBRI_EDO_PUTRA_18086246_63.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan smash pemain bolavoli SMA N 2 Hiliran Gumanti. Masalah ini diduga disebabkan karena lemahnya daya ledak otot tungkai dan kurang baiknya koordinasi mata tangan pemain bolavoli SMA N 2 Hiliran Gumanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan smash pemain bolavoli SMA N 2 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pemain bolavoli SMA N 2 Hiliran Gumanti yang berjumlah 22 orang, sedangkan sampel diambil secara total sampling sehingga diperoleh sampel yaitu sebanyak 22 orang. Data diperoleh melalui tes, daya ledak otot tungkai dengan tes vertical jump dan koordinasi mata tangan dengan tes lempar tangkap bola, dan kemampuan smash dengan tes smash. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis product moment. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dengan kemampuan smash pemain bolavoli SMA N 2 Hiliran Gumanti, yang mana koefisien hubungan rhitunng (0,503) > rtabel (0,423) dan thitung (2,60) > ttabel (1,72). 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan smash pemain bolavoli SMA N 2 Hiliran Gumanti, yang mana diperoleh rhitung (0,488) > rtabel (0,423) dan thitung (2,50) > ttabel (1,72). 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan secara bersama-sama dengan kemampuan smash pemain bolavoli SMA N 2 Hiliran Gumanti yang mana diperoleh rhitung (0,596) > rtabel (0,423) dan Fhitung (5,24) > Ftabel (3,52).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarni, DarniUNSPECIFIED
CorrectorSepriadi, SepriadiUNSPECIFIED
CorrectorLawanis, HaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daya Ledak Otot Tungkai Koordinasi Mata Tangan Kemampuan Smash
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:35
Last Modified: 21 Mar 2024 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50806

Actions (login required)

View Item View Item