Peningkatan Efisiensi Konversi Energi Cahaya Matahari Menjadi Energi Listrik Menggunakan Dye Sensitized Solar Cell (DSSC

Umayya, Dian Regina (2024) Peningkatan Efisiensi Konversi Energi Cahaya Matahari Menjadi Energi Listrik Menggunakan Dye Sensitized Solar Cell (DSSC. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_DIAN_REGINA_UMAYYA_19036005_1139_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) merupakan sel surya generasi ketiga berbasis zat warna yang mengubah energi foton menjadi energi listrik. Pada penelitian ini zat warna yang digunakan pada DSSC yaitu zat warna tanin dan asam tanat yang dipolimerisasi untuk meningkatkan efisiensi. Efisiensi dapat dipengaruhi oleh banyaknya ikatan rangkap terkonjugasi pada dye. Polimerisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu konsentrasi monomer, konsentrasi inisiator dan volume crosslinker. Polimerisasi pada penelitian ini variasi monomer yang digunakan yaitu 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, variasi inisiator yang digunakan yaitu 1%, 2%, 3% dan variasi volume crosslinker yaitu 1.5 mL, 2.5 mL. 3.5 mL. Poli tanin berhasil dihasilkan dengan terbentuknya gugus CH2 dan poli asam tanat terbentuk gugus eter yang di karakterisasi menggunakan Fourier Transform Infra Red (FTIR). Zat warna yang telah dipolimerisasi dihitung berat molekul rata-rata polimer menggunakan metode viskositas. DSSC dirakit menggunakan kaca ITO dilapisi dengan TiO2 yang dielektrodeposisikan menggunakan ZnO diukur tegangan dan hambatan menggunakan multimeter digital. Efisiensi optimum terdapat pada variasi konsentrasi monomer 2.5 gram yaitu sebesar 15,46% pada poli tanin dan 18,7% pada poli asam tanat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorBeri, DeskiUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: POLIMERISASI, POLI TANIN, POLI ASAM TANAT
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:12
Last Modified: 21 Mar 2024 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50800

Actions (login required)

View Item View Item