Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Padang.

Lubis, Wanda Efriyani (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_1_WANDA_EFRIYANI_LUBIS_19029122_255_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang penting untuk dikuasai peserta didik. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XII MIPA di SMA Negeri 8 Padang masih rendah, terlihat dari hasil tes awal peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan secara tepat sesuai dengan indikator-indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experimental Design dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Padang, dengan kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 4 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, diperoleh P-value = 0,000. Sebab P-value kurang dari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
CorrectorMeutia, MaulaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MATEMATIS, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Mar 2024 00:53
Last Modified: 21 Mar 2024 00:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50799

Actions (login required)

View Item View Item