Pembuatan LKPD Digital Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Momentum dan Impuls untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA

Sagita, Dea (2024) Pembuatan LKPD Digital Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Momentum dan Impuls untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_DEA_SAGITA_19033012_1108_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di abad–21 berkembang dengan pesat, hal ini dilihat dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di berbagai bidang kehidupan. Perkembangan IPTEK pada abad 21, dapat dihadapi dengan memiliki berbagai keterampilan, salah satunya keterampilan memecahkan masalah. Kurikulum 2013 merupakan upaya pemerintah untuk mendorong peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah pada abad 21. Fakta yang ditemukan dilapangan adalah guru sudah menggunakan bahan ajar cetak, tetapi belum menggunakan bahan ajar elektronik seperti LKPD Digital karena keterbatasan waktu. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat LKPD Digital Berbasis Model Problem Based Learning pada materi Momentum dan Impuls untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD Digital yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Peneltian ini hanya dibatasi sampai uji praktikalitas pada tahap uji kelompok kecil. Objek pada penelitian adalah LKPD Digital Berbasis Model Problem Based Learning. Sumber data diperoleh dari hasil validasi oleh lima tenaga ahli yaitu dosen Fisika FMIPA UNP. Sumber data kepraktisan diperoleh dari guru dan siswa kelas X SMAS Adabiah 2 Padang, SMAN 4 Padang dan SMAS Baiturrahmah Padang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrument analisis kebutuhan (terdiri dari angket peserta didik dan lembar wawancara guru), instrumen analisis literatur, lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data untuk validitas instrument dan produk menggunakan V Aiken dan kepraktisan produk menggunakan teknik persentase. Hasil uji validitas dengan nilai rata-rata 0,82 dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas guru diperoleh dengan nilai rata-rata 89% dan praktikalitas peserta didik dengan uji coba kelompok kecil diperoleh dengan nilai rata-rata 86,3% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD Digital Berbasis Problem Based Learning pada materi Momentum dan Impuls untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA adalah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AmaiUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD DIGITAL, PROBLEM BASED LEARNING, MOMENTUM DAN IMPULS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Mar 2024 00:53
Last Modified: 21 Mar 2024 00:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50798

Actions (login required)

View Item View Item