Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Kelas X di SMK Negeri 1 Batipuh

Mailando, Sandi Azima (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Kelas X di SMK Negeri 1 Batipuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_SANDI_AZIMA_MAILANDO_19065020_315_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa karena proses pembelajaran masih berpusat pada media buku cetak, tidak digunakannya media pembelajaran multimedia interaktif, dan masih menggunakan metode tradisional. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan praktiklitas multimedia interaktif menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika kelas x di SMK Negeri 1 Batipuh, untuk melaksanakan pengembangan tersebut digunakan model penelitian 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 0,883 sehingga termasuk dalam kategori “valid”. Rata-rata skor hasil verifikasi ahli media sebesar 0,914 sehingga termasuk dalam kategori “valid”. Uji kepraktisan multimedia pembelajaran dasar-dasar elektronika, dinyatakan praktis untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan persentase yang diperoleh dari responden tersebut rata-rata yaitu sebesar 91% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Ika ParmaUNSPECIFIED
CorrectorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorSamala, Agariadne DwinggoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CANVA; DASAR-DASAR ELEKTRONIKA; DAN MODEL 4-D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:04
Last Modified: 19 Mar 2024 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50784

Actions (login required)

View Item View Item