Analisis Implementasi Proses Pembelajaran Aktif (Active Learning) pada Mata Pelajaran IPA di MTs Negeri Se Kabupaten Tanah Datar

Verina, Fira (2023) Analisis Implementasi Proses Pembelajaran Aktif (Active Learning) pada Mata Pelajaran IPA di MTs Negeri Se Kabupaten Tanah Datar. Masters thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_03_FIRA_VERINA_19177011_8371_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain: strategi dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kelas, lingkungan belajar siswa, dan media pengajaran yang digunakan oleh guru. Ketidaktepatan model pembelajaran guru akan berakibat pada rendahnya motivasi dan aktivitas belajar siswa. Kualitas pendidikan yang rendah juga bisa berasal dari gaya mengajar guru. Cara yang dapat ditempuh guru untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran yaitu dengan mengunakan strategi pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas yaitu starategi pembelajaran active learning atau pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan proses pembelajaran active learning di sekolah secara luring, maupun dalam kondisi daring serta mengetahui keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran active learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPA MTs Negeri se Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 30 orang dan juga Siswa MTs Negeri Se Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 180 Orang. Data implementasi Proses pembelajaran Active Learning diperoleh melalui hasil angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dimana rata-rata implementasi proses pembelajaran active learning pada guru MTs Negeri se Kabupaten Tanah Datar yaitu sebesar 87,96% yang termasuk dalam frekuensi sering dengan kriteria penerapan baik. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran Active Learning sangat bervariasi mulai dari yang ikut berperan aktif sampai kepada siswa yang belum berpartisipasi hal itu juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti latar belakang masing-masing siswa, rasa percaya diri siswa dan hal lainnya dan dalam hal ini terdapat 89% ratarata keaktifan siswa jika menggunakan active learning. Kendala atau hambatan yang dimiliki oleh guru sangatlah beragam mulai dari kesediaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, siswa dan lingkungan sekolah lainnya dan untuk sarana prasarana memiliki persentase sebesar 60% serta kekurangan waktu dalam pembelajaran sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:35
Last Modified: 19 Mar 2024 05:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50778

Actions (login required)

View Item View Item