Verina, Fira
(2023)
Analisis Implementasi Proses Pembelajaran Aktif
(Active Learning) pada Mata Pelajaran IPA di MTs Negeri
Se Kabupaten Tanah Datar.
Masters thesis, UNP.
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain:
strategi dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kelas,
lingkungan belajar siswa, dan media pengajaran yang digunakan oleh
guru. Ketidaktepatan model pembelajaran guru akan berakibat pada
rendahnya motivasi dan aktivitas belajar siswa. Kualitas pendidikan yang
rendah juga bisa berasal dari gaya mengajar guru. Cara yang dapat
ditempuh guru untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran yaitu dengan
mengunakan strategi pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas. Strategi
pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas yaitu starategi pembelajaran
active learning atau pembelajaran aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan
proses pembelajaran active learning di sekolah secara luring, maupun
dalam kondisi daring serta mengetahui keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran active learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru
IPA MTs Negeri se Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 30 orang
dan juga Siswa MTs Negeri Se Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah
180 Orang. Data implementasi Proses pembelajaran Active Learning
diperoleh melalui hasil angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan dimana rata-rata implementasi
proses pembelajaran active learning pada guru MTs Negeri se Kabupaten
Tanah Datar yaitu sebesar 87,96% yang termasuk dalam frekuensi sering
dengan kriteria penerapan baik. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Active Learning sangat bervariasi mulai dari yang ikut berperan aktif
sampai kepada siswa yang belum berpartisipasi hal itu juga dipengaruhi
oleh beberapa hal seperti latar belakang masing-masing siswa, rasa
percaya diri siswa dan hal lainnya dan dalam hal ini terdapat 89% ratarata
keaktifan siswa jika menggunakan active learning. Kendala atau
hambatan yang dimiliki oleh guru sangatlah beragam mulai dari
kesediaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, siswa dan
lingkungan sekolah lainnya dan untuk sarana prasarana memiliki
persentase sebesar 60% serta kekurangan waktu dalam pembelajaran
sebesar 88%.
Actions (login required)
|
View Item |