Hubungan Efektivitas Komunikasi Tutor dengan Keaktifan Belajar Warga Belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi Nagari Kurai

Safitri, Widia Metra (2023) Hubungan Efektivitas Komunikasi Tutor dengan Keaktifan Belajar Warga Belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi Nagari Kurai. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_04_Widia_Metra_Safitri_19005104_8056_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar warga belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi, hal ini disebabkan oleh rendahnya efektivitas komunikasi tutor dalam pembelajaran Paket C di Yayasan PKBM Literasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menggambarkan efektivitas komunikasi tutor dalam pembelajaran Paket C di Yayasan PKBM Literasi, 2) Menggambarkan keaktifan belajar warga belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi, 3) Melihat hubungan antara efektivitas komunikasi tutor dengan keaktifan belajar warga belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh warga belajar Paket C semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di Yayasan PKBM Literasi yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling diambil 79% dari populasi yaitu sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan persentase dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) efektivitas komunikasi tutor dalam pembelajaran Paket C di Yayasan PKBM Literasi dikategorikan kurang efektif, 2) keaktifan belajar warga belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi dikategorikan kurang aktif, 3) terdapat hubungan yang siginifikan antara efektivitas komunikasi tutor dengan keaktifan belajar warga belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHDUNSPECIFIED
CorrectorAzizah, ZahratulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:34
Last Modified: 19 Mar 2024 05:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50777

Actions (login required)

View Item View Item