Safitri, Widia Metra
(2023)
Hubungan Efektivitas Komunikasi Tutor dengan
Keaktifan Belajar Warga Belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi Nagari
Kurai.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar warga belajar
Paket C di Yayasan PKBM Literasi, hal ini disebabkan oleh rendahnya efektivitas
komunikasi tutor dalam pembelajaran Paket C di Yayasan PKBM Literasi. Penelitian
ini bertujuan untuk: 1) Menggambarkan efektivitas komunikasi tutor dalam
pembelajaran Paket C di Yayasan PKBM Literasi, 2) Menggambarkan keaktifan
belajar warga belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi, 3) Melihat hubungan antara
efektivitas komunikasi tutor dengan keaktifan belajar warga belajar Paket C di
Yayasan PKBM Literasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional.
Populasi penelitian ini adalah seluruh warga belajar Paket C semester ganjil tahun
ajaran 2023/2024 di Yayasan PKBM Literasi yang berjumlah 38 orang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling diambil 79% dari
populasi yaitu sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data
menggunakan persentase dan product moment.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) efektivitas komunikasi tutor dalam
pembelajaran Paket C di Yayasan PKBM Literasi dikategorikan kurang efektif, 2)
keaktifan belajar warga belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi dikategorikan
kurang aktif, 3) terdapat hubungan yang siginifikan antara efektivitas komunikasi
tutor dengan keaktifan belajar warga belajar Paket C di Yayasan PKBM Literasi.
Actions (login required)
|
View Item |