Novrianti, Riri
(2023)
Hubungan antara Dukungan Emosional Keluarga dengan
Motivasi Belajar Warga Belajar Paket B di SPNF SKB Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar warga
belajar paket B di SPNF SKB Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
melihat dukungan emosional keluarga kepada warga belajar paket B di SPNF SKB
Lima Puluh Kota, (2) melihat motivasi belajar warga belajar paket B di SPNF SKB
Lima Puluh Kota, dan (3) melihat apakah terdapat hubungan antara dukungan
emosional keluarga dengan motivasi belajar warga belajar paket B di SPNF SKB
Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional.
Populasi dalam penelitian ini yaitu warga belajar paket B di SPNF SKB
Lima Puluh Kota berjumlah 44 orang. Sampel diambil 70% yaitu sebanyak 30
orang menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan, teknik
analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dukungan emosional keluarga
tergolong rendah. (2) motivasi belajar warga belajar paket B tergolong rendah (3)
terdapat hubungan antara dukungan emosional keluarga dengan motivasi belajar
hubungan dinyatakan signifikan karena dikategorikan sangat tinggi.
Disarankan keluarga lebih meningkatkan dukungan emosional keluarga
yang positif agar warga belajar merasa bersemangat dan termotivasi dalam belajar
dan disarankan kepada lembaga SPNF SKB Lima Puluh Kota memaksimalkan
kesuksesan belajar warga belajar dengan mendorong peningkatan dukungan emosional
keluarga.
Actions (login required)
|
View Item |