Pengaruh E-dictionary Card Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMPN 7 Padang.

Maifa, Zakia Azzahra (2024) Pengaruh E-dictionary Card Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_ZAKIA_AZZAHRA_MAIFA_19004038_104_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif e-dictionary card terhadap hasil belajar siswa dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Dimana peserta didik cenderung tidak aktif, kurang berminat dan kurang tertarik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang dilaksanakan kurang menarik dan cenderung bersifat pasif sehingga kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berbentuk quasy experiment. Penelitian dilakukan terhadap 60 siswa, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang berjumlah 252 orang yang terdiri dari 8 kelas dan sampel kelas VII.7 (kelas kontrol) dan VII.8 (kelas eksperimen). Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) yang sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif e-dictionary card (kelas eksperimen) lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 70,07 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 63,73. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 2,032 dan t tabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,00. Maka jika dibandingkan thitung 2,032 > 2,00 maka dapat diartikan bahwa H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif e-dictionary card berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF, E-DICTIONARY CARD, BAHASA INGGRIS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:10
Last Modified: 15 Mar 2024 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50731

Actions (login required)

View Item View Item