Hubungan Antara Variasi Keterampilan Mengajar Tutor dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman

Dilia, Reschia Nofour (2023) Hubungan Antara Variasi Keterampilan Mengajar Tutor dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_RESCHIA_NOFOUR_DILIA_19005091_7998_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah motivasi belajar warga belajar paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Hal ini diduga ada hubungannya dengan variasi keterampilan mengajar tutor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan juga hubungan antara variasi keterampilan mengajar tutor dengan motivasi belajar warga belajar Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh warga belajar yang terdaftar di program kejar paket C di SPNF SKB Kota Pariaman tahun ajaran 2023/2024 yakni 72 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling, jadi total sampel yang peneliti ambil yakni 50 orang warga belajar paket C di SPNF Kota Pariaman. Hasil penelitian ini yakni : 1.) Variasi keterampilan mengajar tutor tehadap warga belajar di SPNF SKB Kota Pariaman tergolong kurang maksimal, 2.) Motivasi warga belajar Analisis data korelasi product moment yang dilakukan didapatkan r hitung = 0,347 serta nilai tersebut dikonsultasikan dengan r tabel = 0,279 dengan N = 50 dari hasil konsultasi tersebut diperoleh r hitung > r tabel jika berpatokan pada taraf kepercayaan 5% yakni 0,279. Jika r hitung > r tabel maka Ho ditolak serta sebaliknya Ha diterima. Sehingga, kesimpulannya adalah terdapatnya hubungan yang cukup signifikan antara variasi keterampilan mengajar tutor dengan motivasi belajar warga belajar Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, Mhd.UNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:09
Last Modified: 15 Mar 2024 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50729

Actions (login required)

View Item View Item