Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 25 Padang.

Sari, Putri Amalia (2024) Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_PUTRI_AMALIA_SARI_19004021_103_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 25 Padang pada mata pelajaran Matematika, ditemui beberapa permasalahan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa kelas VIII diantaranya dalam proses pembelajaran guru belum mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran, guru hanya menggunakan buku teks dan alat peraga dalam proses pembelajaran dikarenakan keterbatasan dalam penggunaan teknologi atau aplikasi sehingga banyak peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75, untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis articulate storyline dalam proses pembelajaran. Multimedia interaktif berbasis articulate storyline dalam proses pembelajaran diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari kelas VIII 6 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 7 sebanyak 29 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah hasil belajar pada mata pelajaran Matematika berupa pilihan ganda dengan 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang memanfaatkan multimedia interaktif berbasis articulate storyline adalah 76,17 ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan buku teks dan bahan ajar yaitu 70,52. Maka berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni, FetriUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Ade KurniaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARA, MULTIMEDIA INTERAKTIF, MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:27
Last Modified: 14 Mar 2024 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50715

Actions (login required)

View Item View Item