Putri, Nadya Fajriah
(2023)
Hubungan Efektivitas Komunikasi Tutor dengan
Kualitas Belajar Warga Belajar Paket C di SPNF SKB 2 Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kualitas belajar yang tidak berkualitas pada
paket C di SPNF SKB 2 tanah datar. Hal tersebut diduga karena efektivitas
komunikasi tutor yang tidak berkualitas dapat menyebabkan kualitas belajar yang
tidak berkualitas. Tujuan penelitian yaitu: 1) Melihat gambaran efektivitas komunikasi
tutor di SPNF SKB 2 Tanah Datar; 2) Melihat gambaran kualitas belajar warga belajar
paket C di SPNF SKB 2 Tanah Datar; 3) Untuk mengetahui hubungan efektivitas
komunikasi tutor dengan kualitas belajar warga belajar di SPNF SKB 2 Tanah Datar.
Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Populasi
penelitian jumlahnya 48 orang dan sampel yang diambil sebanyak 34 orang dengan
pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik mengumpulkan
data dengan angket. Teknik analisis data dengan rumus persentase dan product
moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran efektivitas komunikasi
tutor di SPNF SKB 2 Tanah Datar dikategorikan tidak berkualitas; 2) Gambaran
kualitas belajar warga belajar paket C di SPNF SKB 2 Tanah Datar; 3) Hubungan
yang signifikan antara efektivitas komunikasi tutor dengan kualitas belajar warga
belajar paket C di SPNF SKB 2 Tanah Datar.
Saran penelitian adalah : 1) Diharapkan kepada instruktur melakukan
efektivitaskomunikasi yang baik pada warga belajar sehingga dapat menciptakan
pembelajaran yang berkualitas; 2) Diharapkan kepada warga belajar untuk dapat
menyesuaikan diri terhadap efektivitas komunikasi yang diberikan tutor sehingga
dappat menunjang kualitas pembelajaran; 3) Diharapkan peneliti selanjutnya
berinovasi dalam meneliti variabel baru.
Actions (login required)
|
View Item |