Hubungan antara Kompetensi Profesional Instruktur dengan Hasil Belajar pada Peserta Pelatihan Menjahit di Rumah Pintar Kabupaten Sarolangun

Yolanda, Nova (2023) Hubungan antara Kompetensi Profesional Instruktur dengan Hasil Belajar pada Peserta Pelatihan Menjahit di Rumah Pintar Kabupaten Sarolangun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NOVA_YOLANDA_18005020_7863_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta pelatihan menjahit yang rendah di rumah pintar Kabupaten Sarolangun. Hal ini diduga karena kompetensi profesional instruktur yang kurang baik sehingga menyebabkan hasil belajar peserta pelatihan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kompetensi profesional instuktur pada peserta pelatihan menjahit di rumah pintar Kabupaten Sarolangun. 2) Mengetahui hasil belajar pada peserta pelatihan menjahit di rumah pintar Kabupaten Sarolangun. 3) Mengetahui hubungan kompetensi professional instuktur dengan hasil belajar peserta pelatihan menjahit di rumah pintar Kabupaten Sarolangun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 30 orang dan sampel yang diambil sebanyak 20 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran kompetensi profesional instruktur pada peserta pelatihan menjahit di rumah pintar Kabupaten Sarolangun dikategorikan kurang baik; 2) Gambaran hasil belajar pada peserta pelatihan menjahit di rumah pintar Kabupaten Sarolangun dikategorikan sangat rendah; 3) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kompetensi profesional instruktur dengan hasil belajar pada peserta pelatihan menjahit di rumah pintar Kabupaten Sarolangun. Saran penelitian adalah : 1) Diharapkan instruktur untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya sehingga dapat menunjang pembelajaran yang lebih baik lagi; 2) Diharapkan kepada peserta pelatihan dapat meningkatkan hasil belajar secara maksimal dengan aktif dalam belajar dan menerima pembelajaran dari pelatihan; 3) Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel baru sehingga dapat menambah variabel yang ada dan memperlengkapnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:15
Last Modified: 13 Mar 2024 05:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50704

Actions (login required)

View Item View Item