Perbedaan Sikap Keagamaan Antara Masyarakat yang Mengikuti dengan Tidak Mengikuti Pengajian di Jorong Teluk Sikai Nagari Sungai Duo

Oktafiyatna, Nur ‘Aine (2023) Perbedaan Sikap Keagamaan Antara Masyarakat yang Mengikuti dengan Tidak Mengikuti Pengajian di Jorong Teluk Sikai Nagari Sungai Duo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NUR_AINE_OKTAFIYATNA_19005080_7966_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengajian ialah kegiatan yang dilaksanakan oleh sejumlah individu untuk memperoleh ilmu agama serta akhlak atau sikap yang baik. Sikap keagamaan merupakan perolehan yang tercipta langsung dari pengalaman, salah satunya ialah pengajian. Sikap keagamaan yang tampak pada masyarakat di Jorong Teluk Sikai masih tergolong rendah. Hal ini diduga karena terdapat masyarakat yang mengikuti pengajian dan ada juga masyarakat yang tidak mengikuti pengajian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan sikap keagamaan masyarakat yang mengikuti pengajian, (2) menggambarkan sikap keagamaan masyarakat yang tidak mengikuti pengajian, dan (3) mengetahui ada atau tidaknnya perbedaan yang signifikan sikap keagamaan antara masyarakat yang mengikuti dengan tidak mengikuti pengajian di Jorong Teluk Sikai. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan jenis komparatif. Intstrumen yang digunakan adalah angket. Subjek penelitian ialah masyarakat yang mengikuti pengajian sejumlah 30 orang dan masyarakat yang tidak mengikuti pengajian sejumlah 30 orang. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian ini yakni: (1) sikap keagamaan masyarakat yang mengikuti pengajian dikategorikan baik, (2) sikap keagamaan masyarakat yang tidak mengikuti pengajian dikategorikan cukup, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap keagamaan masyarakat yang mengikuti dengan tidak mengikuti pengajian di Jorong Teluk Sikai. Diharapkan kepada masyarakat hendaknya selalu mendukung kegiatan pengajian sebagai bentuk pendidikan NonFormal di masyarakat sehingga akan membentuk sikap keagamaan yang baik pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:30
Last Modified: 13 Mar 2024 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50699

Actions (login required)

View Item View Item