Hubungan Persepsi tentang Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dengan Kematangan Emosi Siswa Perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman

Enjelina, Putri Serli (2023) Hubungan Persepsi tentang Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dengan Kematangan Emosi Siswa Perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_PUTRI_SERLI_ENJELINA_19006201_8146_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan pendidikan yaitu siswa perempuan yang memiliki kematangan emosi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Salah satu faktor penyebab baik atau tidaknya kematangan emosi siswa perempuan yaitu bagaimana persepsinya tentang keikutsertaan aktif ayah dalam pengasuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan persepsi tentang keterlibatan ayah dalam pengasuhan siswa perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman, 2) mendeskripsikan kematangan emosi siswa perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman, dan 3) mendeskripsikan hubungan yang positif signifikan antara persepsi tentang keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan kematangan emosi siswa perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman pada semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 277 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 117 siswa perempuan yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan persentase dan teknik korelasional dengan Pearson Product Moment. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) persepsi tentang keterlibatan ayah dalam pengasuhan berada pada kategori baik, 2) kematangan emosi siswa perempuan berada pada kategori baik, dan 3) terdapat hubungan positif dan signifikan yang kuat antara persepsi tentang keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan kematangan emosi siswa perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman dengan nilai korelasi 0.508 dan signifikansi 0,000 yang artinya tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut berada pada tingkat korelasi sedang. Implikasi hasil penelitian dalam layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa perempuan yang masih memiliki kematangan emosi yang tidak stabil untuk membantu mengembangkan kematangan emosinya dengan bantuan layanan informasi dengan materi pentingnya menghabiskan waktu bersama ayah dan pentingnya mengelola emosi, layanan konseling individu, dan layanan penguasaan konten topiknya kiat meningkatkan kematangan emosi dan kiat membangun hubungan yang baik antara anak dengan ayah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, SUNSPECIFIED
CorrectorZahri, Triave NuzilaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:18
Last Modified: 13 Mar 2024 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50696

Actions (login required)

View Item View Item