Enjelina, Putri Serli
(2023)
Hubungan Persepsi tentang Keterlibatan Ayah dalam
Pengasuhan dengan Kematangan Emosi Siswa Perempuan di SMA Negeri 5
Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan
pendidikan yaitu siswa perempuan yang memiliki kematangan emosi yang
berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Salah satu faktor penyebab baik atau
tidaknya kematangan emosi siswa perempuan yaitu bagaimana persepsinya
tentang keikutsertaan aktif ayah dalam pengasuhan anak. Penelitian ini bertujuan
untuk: 1) mendeskripsikan persepsi tentang keterlibatan ayah dalam pengasuhan
siswa perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman, 2) mendeskripsikan kematangan
emosi siswa perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman, dan 3) mendeskripsikan
hubungan yang positif signifikan antara persepsi tentang keterlibatan ayah dalam
pengasuhan dengan kematangan emosi siswa perempuan di SMA Negeri 5
Pariaman.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa
perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman pada semester Juli-Desember Tahun
Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 277 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian
ini berjumlah 117 siswa perempuan yang ditentukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
model skala Likert. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan
persentase dan teknik korelasional dengan Pearson Product Moment.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) persepsi tentang keterlibatan
ayah dalam pengasuhan berada pada kategori baik, 2) kematangan emosi siswa
perempuan berada pada kategori baik, dan 3) terdapat hubungan positif dan
signifikan yang kuat antara persepsi tentang keterlibatan ayah dalam pengasuhan
dengan kematangan emosi siswa perempuan di SMA Negeri 5 Pariaman dengan
nilai korelasi 0.508 dan signifikansi 0,000 yang artinya tingkat hubungan antara
kedua variabel tersebut berada pada tingkat korelasi sedang. Implikasi hasil
penelitian dalam layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada
siswa perempuan yang masih memiliki kematangan emosi yang tidak stabil untuk
membantu mengembangkan kematangan emosinya dengan bantuan layanan
informasi dengan materi pentingnya menghabiskan waktu bersama ayah dan
pentingnya mengelola emosi, layanan konseling individu, dan layanan penguasaan
konten topiknya kiat meningkatkan kematangan emosi dan kiat membangun
hubungan yang baik antara anak dengan ayah.
Actions (login required)
|
View Item |