Efektivitas Penggunaan Jam Tangan Getar untuk Mengetahui Pergantian Jam Bagi Anak Tunarungu Pre Eksperimen di SLB N Muara Bungo.

Defpriyansah, Bayu (2024) Efektivitas Penggunaan Jam Tangan Getar untuk Mengetahui Pergantian Jam Bagi Anak Tunarungu Pre Eksperimen di SLB N Muara Bungo. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_5_BAYU_DEFPRIYANSAH_19003125_ 9720_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di SLB N Muara Bungo. Penelitian ini membahas permasalahan dari hasil observasi saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama 3 hari. Berdasarkan hasil observasi, anak tunarungu masih belum tertib dengan waktu pergantian jam masuk, istirahat dan pulang walaupun sudah diberikan peringatan/teguran. Oleh karena itu, peneliti ingin mencoba mengujicobakan sebuah alat untuk membantu siswa tunarungu untuk mengetahui pergantian jam. Alat yang dimaksud adalah Jam Tangan Getar yang dapat dipasangkan pada tangan anak tunarungu. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Exsperimenal Design. Eksperimen ini dilakukan dengan tidak melibatkan kelompok pembanding. Dengan menggunakan jenis one group pretest-postest design dimana prestest diberikan sebelum perlakuan sehingga hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Jika nilai postest lebih besar dari pretest, maka perlakuan tersebut berpengaruh positif. Berdasarkan hasil Perhitungan data yang telah diolah dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon Sign Rank Test yaitu antara nilai pretest dan Posttest dapat diketahui Zhitung =-2,121a dengan probabilitas atau Asymp Sig (2-tailed) = 0,034. Setelah mendapatkan nilai dari probabilitas maka didapatkan dari hasil perhitungan, selanjutnya cari perbandingannya dengan probabilitas yang telah ditetapkan α=0,05. Maka didapatkan bahwa probabilitas Zhitung kurang dari probabilitas yang ditetapkan (0,034<0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa jam tangan getar tidak efektif untuk mengetahui pergantian jam bagi anak tunarungu di SLBN Muara Bungo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:03
Last Modified: 13 Mar 2024 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50694

Actions (login required)

View Item View Item