Optimasi Campuran Biogasoline, Cairan Water Injection, Derajat Pengapian, dan Busi dalam Menurunkan Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Metode Taguchi

Herlando, Herlando (2024) Optimasi Campuran Biogasoline, Cairan Water Injection, Derajat Pengapian, dan Busi dalam Menurunkan Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Metode Taguchi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_09_HERLANDO_19073020_1973020_463_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sepeda motor yang masih menggunakan air cooling system memiliki emisi gas buang yang tinggi, ini disebabkan bahan bakar dibuat lebih kaya dengan tujuan menjaga suhu ruang bakar. Masalah ini diatasi dengan penggunaan sistem water injection, sehingga campuran ideal dapat diterapkan. Namun penggunaan cairan water injection kurang tepat.justru menyebabkan meningkatnya emisi gas buang. Penggunaan bahan bakar yang meningkat setiap tahun tidak dapat dihindari mengingat meningkatnya jumlah kendaraan setiap tahun. Masalah ini diatasi dengan mencampur bahan bakar dengan ethanol. Namun penggunaan ethanol menyebabkan bahan bakar sulit terbakar, sehingga menyebabkan meningkatnya emisi gas buang. Kondisi ini perlu dilakukan optimasi dengan melibatkan sistem pengapian sebagai faktor penting dalam proses pembakaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kombinasi level faktor optimal dalam menurunkan emisi gas buang sepeda motor dan mengetahui kombinasi level faktor optimal yang disarankan pada sistem water injection sepeda motor. Penelitian dilakukan menggunakan gas analyzer untuk memperoleh data yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kombinasi level faktor optimal dalam menurunkan emisi gas buang sepeda motor adalah A2 (biogasoline E15), B3 (cairan air coolant), C3 (derajat pengapian +4°), dan D3 (busi platinum). Kombinasi level faktor yang disarankan pada sistem water injection sepeda motor ditinjau dari efisiensi biaya adalah A2 (biogasoline E15), B1 (cairan limbah air AC), C3 (derajat pengapian +4°), dan D3 (busi platinum). Perbedaan kedua kombinasi dari kesimpulan hasil penelitian adalah terletak pada cairan water injection yang digunakan. Berdasarkan analisis ANOVA, cairan water injection termasuk dalam pooled e karena memiliki kontribusi yang kecil dalam menurunkan emisi gas buang, sehingga faktor harga menjadi peran penting dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, M. YsepUNSPECIFIED
CorrectorMilana, MilanaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EMISI GAS BUANG, METODE TAGUCHI, WATER INJECTION
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:03
Last Modified: 13 Mar 2024 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50693

Actions (login required)

View Item View Item