Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Modul pada Mata Pembelajaran Gambar Teknik Manufaktur Kelas XI TPM di SMK Negeri 5 Padang

Utami, Fathya Suci (2024) Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Modul pada Mata Pembelajaran Gambar Teknik Manufaktur Kelas XI TPM di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_FATHYA_SUCI_UTAMI_19067088_870_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang ada di beberapa SMK menggunakan software Autodesk yang memiliki banyak fitur dan juga banyak digunakan di industri. Berubahnya penggunaan kurikulum 2013 di SMK Negeri5 Padang tentunya akan merubah konsep pembelajaran yang semula menggunakan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Perubahan kurikulum membuat guru harus menyiapkan media atau bahan ajar baru sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian adalah Menyusun perangkat pembelajaran berbasisPjBL(Project Based Learning) pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur dengan harapan modul ini dapat digunakan di sekolah sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Validasi ahli materi dilakukan oleh 3 orang ahli bidang materi produksi. Persentase aspek penyajian 1,0 dan persentase aspek isi 0,97. Persentase hasil validasi semua aspek 0,98 dalam kategori sangat valid. Validasi ahli media dan model dilakukan oleh 3 orang ahli dibidang media. Persentase aspek tampilan visual 0,96, aspek kriteria fisik 0,93 dan aspek kemudahan 1,0. Persentase hasil validasi ahli media dari semua aspek 0,96 kategori penilaian sangat valid. Validasi ahli Bahasa dilakukan oleh 1 orang ahli bidangnya yang terdiri 8 item. Persentase validasi ahli Bahasa 0,87 dalam kategori sangat valid, sehingga modul ajar ini dikatakan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh peneliti berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorAdri, JunilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERANGKAT PEMBELAJARAN, GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:16
Last Modified: 13 Mar 2024 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50692

Actions (login required)

View Item View Item