Studi Tentang Pakaian Kebesaran Penghulu Andiko di Nagari Andaleh Kabupaten Lima Puluh Kota : Bentuk, Simbol dan Makna Filosofi

Zedy, Bella Amelia (2023) Studi Tentang Pakaian Kebesaran Penghulu Andiko di Nagari Andaleh Kabupaten Lima Puluh Kota : Bentuk, Simbol dan Makna Filosofi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_BELLA_AMELIA_ZEDY_19075012_7845_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pada saat ini banyak masyarakat dan generasi muda yang tidak mengetahui dan memahami bentuk, simbol dan makna filosofi pada pakaian kebesaran penghulu andiko. Yang memahami pakaian tersebut hanya orang tua yang sudah lanjut usia. Dengan demikian karena banyaknya yang tidak mengetahui dan memahami bentuk simbol dan makna filosofi pakaian kebesaran penghulu andiko ini bisa suatu saat pakaian tersebut menjadi punah. Maka peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, simbol dan makna filosofi pada pakaian kebesaran penghulu andiko. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif. Dalam metode penelitian kualitatif ini diperlukan jenis data, informan sebagai sumber data, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, teknik analisis data, keabsahan data, dan prosedur data. Pengumpulan data ini tentunya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Bentuk pakaian kebesaran penghulu andiko merupakan bentuk satu kesatuan yang terdiri dari baju gadang, sarawa gadang, deta bakaruik, sisampiang, cawek, salempang. Untuk aksesorisnya yaitu keris dan tongkat, yang terakhir yaitu sandal. (2) Simbol dan makna filosofi pakaian kebesaran penghulu andiko antara lain : leher yang lapang melambangkan lapang dada. Lengan gadang melambangkan kedamaian. Siba batanti melambangkan penengah. Kemudian sarawa gadang melambangkan kejujuran. Deta bakaruik melambangkan kepemimpinan dan kewibawaan. Sisampiang melambangkan berwawasan luas dan berjalan mengikuti hukum adat. Cawek melambangkan tanggung jawab dan berpegang teguh dengan tali adat. Salempang melambangkan tanggung j awab dan selalu membimbing kaumnya. Kemudian keris melambangkan perdamaian, dan kekuasaan. Tongkat melambangkan orang yang dituakan. Dan terakhir sandal melambangkan estetika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorSuci, Puji HijriaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:56
Last Modified: 07 Mar 2024 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50644

Actions (login required)

View Item View Item