Studi Kasus Bentuk Dan Makan Nilai-Nilai Filosofi Pakaian Adat Kebesaran Bunda Kanduang Di N agari Andaleh Kabupaten Lima Puluh Kota

Sabila, Ahda (2023) Studi Kasus Bentuk Dan Makan Nilai-Nilai Filosofi Pakaian Adat Kebesaran Bunda Kanduang Di N agari Andaleh Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_AHDA_SABILA_19075004_7860_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pada saat sekarang ini banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui dan juga memahami mengenai bentuk dan juga makna pada pakaian adat kebesaran bundo kanduang terutama pada generasi muda. Generasi muda hanya mengetahui bentuk dari pakaian adat kebesaran bundo kanduang ini saja, sedangkan untuk makna dan nilai-nilai dari tiap-tiap bagian dari pakaian adat kebesaran bundo kanduang ini sangat sedikit yang mengetahui dan juga memahaminya. Dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai pakaian adat kebesaran bundo kanduang ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dalam metode penelitian kualitatif ini diperlukan informan sebagai sumber data, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, analisis data dan keabsahan data. Pengumpulan data ini tentunya melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah ( 1) Kesatuan dari pakaian adat kebesaran bundo kanduang terdiri dari baju kurung basiba, lambak empat, salempang, tingkuluak baikek, talakuang, sungkuik mato. Kemudian untuk perhiasannya itu ada kalung kaban, kalung panyiaram, dan gelang gadang, yang terakhir itu ada sendal. (2) Makna dari pakaian adat kebesaran bundo kanduang yang pertama itu dilihat dari bagian-bagian yang ada pada baju kurung basiba, sebagai berikut : leher yang bulat bermakna kelapangan hati, lengan yang longgar bermakna pekerj a keras, sibar bermakna penengah, kikik bermakna berj alan dalam adat dan syara', minsia bermakna batasan-batasan. Lambak bermakna kebijaksanaan, salempang bermakna welas asih, tingkuluak bermakna kepemimpinan yang adil, talakuang bermakna ketaatan pada agama islam, sungkuik mato bermakna rendah hati, kalung bermakna kedisiplinan, gelang bermakna pagar diri, yang terakhir sendal sebagai pengaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorSuci, Puji HijriaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:49
Last Modified: 06 Mar 2024 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50625

Actions (login required)

View Item View Item