Implementasi Kebijakan Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Meningkatkan Pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Padang

Suci, Windi Isma (2023) Implementasi Kebijakan Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Meningkatkan Pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_05_WINDI_ISMA_SUCI_19042199_7124_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan yang ditemukan di SAMSAT Kota Padang yaitu, berdasarkan pada data badan pusat statistik penerimaan pajak Kota Padang yang menurun setiap tahunnya, sedangkan jumlah kendaraan bermotor yang terdaftar meningkat setiap tahunnya. Menurunnya penerimaan pajak Kota Padang beberapa tahun terakhir permasalahannya adalah, adanya pandemi Covid-19 yang melanda di tahun 2020, semakin menurunnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, dan kurangnya pemberian sosialisasi kepada masyarakat mengenai kewajiban membayar pajak. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Peraturan Gubernur mengeluarkan Kebijakan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor dengan tujuan untuk meningkatkan kembali Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penerimaan pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, kebijakan pemutihan yang dikeluarkan oleh pemerintah Sumatera Barat tidak berdampak terhadap peningkatan pendapatan pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Kota Padang, karena masih banyaknya kendaraan yang tidak membayar pajak berdasarkan pada data jumlah kendaraan yang terdaftar dan jumlah kendaraan yang membayar pajak. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan kebijakan pemutihan ini dari internal adalah sumber daya yang mencukupi, pelayanan yang baik, fasilitas yang bagus. Sedangkan faktor pendukung eksternal adalah adanya Pergub Sumbar, dan masih tingginya permintaan masyarakat agar diadakannya pemutihan ini kembali. Selain adanya faktor pendukung adanya faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kebijakan ini berupa sistem yang sering error dan masih panjangnya antrian saat pelaksanaan pemutihan yang membuat masyarakat banyak komplain serta masih banyaknya masyarakat yang tidak melengkapi persyaratan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
CorrectorKhaidir, AfrivaUNSPECIFIED
CorrectorYuliarti, YuliartiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pemutihan denda, pajak kendaraan bermotor
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:26
Last Modified: 06 Mar 2024 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50621

Actions (login required)

View Item View Item