Nisa, Huswatun
(2023)
Kecenderungan Depresi Mahasiswa yang Kecanduan
Media Sosial Instagram.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya mahasiswa yang
sering menggunakan instagram secara berlebihan. Akibat yang ditimbulkan
adalah mereka menarik diri dari lingkungan sosial kemudian meningkatkan
kesepian dan stres yang lebih tinggi. Tahap selanjutnya kondisi tersebut
menyebabkan terjadinya isolasi sosial dan mengarah pada depresi. Fenomena
lainnya yaitu mulai membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain, adanya
beberapa mahasiswa yang mengalami perubahan suasana hati (mood swing) dan
mahasiswa yang sulit membedakan ekspektasi dan realita yang ditampilkan di
instagram. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kecenderungan depresi
mahasiswa yang kecanduan media sosial ditinjau dari aspek: (1) emosional,
(2) kognitif, (3) motivasi, (4) fungsi vegetatif, (5) delusi dan (6) halusinasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Sampel
penelitian berjumlah 224 mahasiswa bimbingan konseling tahun masuk 2019,
2020, 2021 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen
yang digunakan adalah skala kecenderungan depresi. Data dianalisis
menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mengetahui kecenderungan
depresi mahasiswa melalui program statistik SPSS for windows versi 20.0.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kecenderungan depresi yang
kecanduan media sosial instagram berada pada kategori sedang. Kecenderungan
depresi mahasiswa yang kecanduan media sosial instagram dalam aspek
emosional berada pada kategori sedang, aspek kognitif pada kategori sedang,
aspek motivasi pada kategori rendah, aspek fungsi vegetatif pada kategori sangat
tinggi, aspek delusi pada kategori sedang, dan aspek halusinasi pada kategori
rendah. Implikasi dalam layanan bimbingan konseling yaitu layanan informasi,
konseling individual dan konseling kelompok untuk mencegah dan menurunkan
kecenderungan depresi mahasiswa yang kecanduan media sosial instagram.
Actions (login required)
|
View Item |