Efektivitas Penggunaan Media Animasi Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang

Indah, Hopipa (2023) Efektivitas Penggunaan Media Animasi Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_HOPIPA_INDAH_19022015_8867_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini dan kurangnya media pendukung dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya kota Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B1 (kontrol) dan kelas B2 (eksperimen) yang masing-masing berjumlah 14 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan 5 butir item instrumen pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpul data digunakan lembar pernyataan, kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dan uji effect size menggunakan bantuan aplikasi Spss 25.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi interaktif memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol menggunakan media flashcard terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak di aman kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Dengan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Perolehan effect size sebesar 1,6 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi Interaktif dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang adalah efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuryanti, EliseUNSPECIFIED
CorrectorHartati, SriUNSPECIFIED
CorrectorSaridewi, SaridewiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:19
Last Modified: 05 Mar 2024 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50609

Actions (login required)

View Item View Item