Indah, Hopipa
(2023)
Efektivitas Penggunaan Media Animasi Interaktif
untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Taman
Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurang kemampuan mengenal kosakata
bahasa Inggris pada anak usia dini dan kurangnya media pendukung dalam
mengenalkan kosakata bahasa Inggris untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak
Nur Ilaahi Lubuk Buaya kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi
Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Nur
Ilaahi Lubuk Buaya kota Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B1 (kontrol) dan
kelas B2 (eksperimen) yang masing-masing berjumlah 14 orang anak. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dengan 5 butir item instrumen pernyataan
dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji
hipotesis, alat pengumpul data digunakan lembar pernyataan, kemudian data
diolah dengan uji perbedaan (t-test) dan uji effect size menggunakan bantuan
aplikasi Spss 25.0 for windows.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi
interaktif memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol
menggunakan media flashcard terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris pada
anak di aman kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Dengan nilai
sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Perolehan effect size sebesar 1,6 yang
termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media animasi Interaktif dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris
pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang
adalah efektif.
Actions (login required)
|
View Item |