Pengembangan Model Stimulasi Perilaku Pro-Sosial Berbasis Behavior Problem untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak

Marlina, Serli (2023) Pengembangan Model Stimulasi Perilaku Pro-Sosial Berbasis Behavior Problem untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_SERLI MARLINA_19169045_8253_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku anak seperti perilaku bullying, anak tidak menghargai orangtua, tidak bekerjasama, tidak empati terhadap teman dan kecendrungan yang muncul pada stimulasi perilaku pro-sosial dilakukan melalui pembelajaran kooperatif, bermain peran, bermain dengan permainan tradisional, menggunakan media dan melalui kegiatan pembiasaan. Stimulasi ini memiliki keterbatasan yakni hanya bisa dilakukan pada kondisi tertentu saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model stimulasi perilaku pro-sosial yang valid, praktis, dan efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba kelompok kecil adalah siswa kelompok B TK Pembangunan UNP dan skala besar pada siswa TK Pertiwi Gubernur Padang. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Validitas rancangan awal buku model SPS-BP dan buku panduan guru dilakukan dengan mencari koefisien indeks Aiken dari penilaian tim validator. Formula Aiken’s (V) dipakai untuk menghitung koefisien validitas konten berdasarkan hasil penilaian dari tim ahli terhadap produk penelitian. Analisis data berikutnya menggunakan uji praktikalitas dengan uji Mann whitney U. Dan hasil uji efektivitas diolah dengan uji perbedaan (t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS 20.0 for windows. Hasil analisis kebutuhan menegaskan bahwa sangat dibutuhkan proses stimulasi yang tepat dalam stimulasi perilaku pro-sosial anak. Analisis kurikulum dan analisis pembelajaran pengembangan keterampilan sosial di TK meliputi perilaku sabar, simpati dan empati, menghargai teman, berbagi, bekerjasama dalam kelompok serta perilaku akrab yang terlihat dalam proses bermain. Hasil analisis terhadap siswa, model stimulasi perilaku yang dikembangkan telah sesuai dengan kondisi siswa. Hasil desain produk dari penelitian ini adalah buku model dan buku panduan untuk guru. Hasil validitas buku model secara keseluruhan diperoleh nilai 0,84 dengan makna interpretasi sangat valid. Dan hasil analisis data penilaian tim validator terhadap buku Model SPS-BP diperoleh nilai ICC sebesar 0,982 (reliabel sangat baik). Penilaian buku panduan guru dengan rata-rata penilaian 0,87 (sangat valid). Hasil analisis data penilaian tim validator terhadap buku panduan guru ini diperoleh nilai ICC sebesar 0,962 (sangat baik). Hasil implementasi, diperoleh dari hasil uji praktikalitas dan uji efektivitas. Hasil praktikalitas buku model SPS-BP adalah 22,7 dengan rata-rata 4,54 (sangat praktis). Penilaian praktikalitas panduan guru sebanyak 22,4 dengan rata-rata 4,48(sangat praktis). Hasil uji efektivitas dengan membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata nilai post testnya adalah 24,9 lebih tinggi dari kelas kontrol yakni 23 artinya model ini dapat menstimulasi keterampilan sosial. Hasil uji Mann whitney U diperoleh nilai 0,03

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
Thesis advisorMoeis, IsnarmiUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorRozimela, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STIMULASI PERILAKU PRO-SOSIAL, BEHAVIOR PROBLEM, KETERAMPILAN SOSIAL ANAK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:30
Last Modified: 04 Mar 2024 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50599

Actions (login required)

View Item View Item