Pengembangan Model Edukasi Anti-Doping Berbasis Web (Edu-ADBW) dengan Bantuan Media edukasiantidoping.com untuk Meningkatkan Pengetahuan Anti-Doping Atlet Olahraga Prestasi

Sepriani, Rika (2023) Pengembangan Model Edukasi Anti-Doping Berbasis Web (Edu-ADBW) dengan Bantuan Media edukasiantidoping.com untuk Meningkatkan Pengetahuan Anti-Doping Atlet Olahraga Prestasi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_RIKA_SEPRIANI_20169037_8718_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Edukasi merupakan kunci program anti doping. Edukasi anti-doping yang dilakukan selama ini masih bersifat konvensional melalui metode ceramah sehingga edukasi yang dilakukan belum maksimal dan terbatas pada atlet tertentu saja. Padahal, setiap atlet wajib mendapatkan edukasi anti-doping. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model edukasi anti doping berbasis web yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan anti-doping atlet olahraga prestasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, tes serta angket. Sampel dipilih secara purposive sampling yakni atlet olahraga prestasi pada cabang olahraga angkat besi, angkat berat, atletik dan sepakbola yang bersedia menjadi responden penelitian.Produk penelitian divalidasi oleh lima orang validator yaitu satu orang ahli bahasa, satu orang ahli pendidikan, dua orang ahli materi dan satu orang ahli teknologi informasi. Pengujian dilakukan melalui tiga tahap yaitu one to one evaluation, small group evaluation dan uji coba skala luas. Data validasi dianalisis dengan menggunakan rumus Aikens’s V, data praktikalitas dianalisis dengan enggunakan rumus persentase dan data efektifitas dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian pada tahap analisis kebutuhan didapatkan pengetahuan anti-doping atlet rendah dan aksesibilitas edukasi berbasis web pada atlet olahraga prestasi sangat baik. Pada tahap pengembangan didapatkan validitas buku model sangat tinggi, validitas buku panduan edukator sangat tinggi, validitas buku panduan peserta sangat tinggi dan validitas website edukasi anti-doping sangat tinggi. Pada tahap uji coba one to one evaluation dan small group evaluation didapatkan praktikalitas model Edu-ADBW menurut peserta sangat praktis dan menurut edukator sangat praktis. Pada uji coba efektifitas model didapatkan model Edu-ADBW efektif untuk meningkatkan pengetahuan anti-doping atlet olahraga prestasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBafirman HB, Bafirman HBUNSPECIFIED
Thesis advisorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorRozimel, YenniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EDUKASI ANTI-DOPING, WEB (EDU-ADBW), MEDIA EDUKASIANTIDOPING.COM, PENGETAHUAN ANTI-DOPING
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Mar 2024 04:01
Last Modified: 01 Mar 2024 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50598

Actions (login required)

View Item View Item