Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Instruksi Metakognisi (PBM-IM) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Statistik dan Kemandirian Belajar Mahasiswa

Rusliah, Nur (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Instruksi Metakognisi (PBM-IM) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Statistik dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_NUR_RUSLIAH_1204374_1877_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi metakognisi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan proses Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Hal ini disebabkan siswa dengan keterampilan metakognitif tinggi tampil lebih baik dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk spesifik model PBM-IM yang dikembangkan dengan kriteria valid dan praktis, mendeskripsikan pengaruh model PBM-IM yang valid dan praktis, dalam meningkatkan kemampuan penalaran statistik dan kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model desain pengembangan Plomp (2013) yang memiliki 3 fase yaitu 1). Penelitian pendahuluan (preliminary research), 2). Tahap Prototipe (development or prototyping phase), 3). Tahap Penilaian (assesment phase). Pada tahap pendahuluan dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis karakteristik mahasiswa. Pada tahap pengembangan dilaksakanan evaluasi formatif yang terdiri atas self evaluation, expert review, one-to-one, small group dan field test. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen jurusan Tadris Matematika IAIN Kerinci. Dari hasil pengumpulan data diperoleh data kuantitatif yang didapatkan melalui tes, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui analisis dokumen, observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model PBM-IM yang diimplementasikan dalam buku model PBM-IM, buku dosen dan buku mahasiswa yang valid dan praktis dengan karakteristik sesuai kebutuhan dan memenuhi prinsip PBM-IM, serta efektif meningkatkan kemampuan penalaran statistik dan kemandirian belajar mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorI Made, ArnawaUNSPECIFIED
CorrectorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIK, KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:07
Last Modified: 29 Feb 2024 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50596

Actions (login required)

View Item View Item