Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Story Book Reading di Kelas 1 Sekolah Dasar

Lusiana, Lusiana (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Story Book Reading di Kelas 1 Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_ LUSIANA_18169038_152_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahanya keterampian bahasa peserta didik kelas I, salah satunya keterampilan membaca permulaan dan bahkan masih ada peserta didik yang belum dapat membaca. Membaca kurang mendapat perhatian dari guru di sekolah dan orang tua peserta didik. Padahal peserta didik sudah dihadapkan pada materi mengkomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra secara tulisan yang didukung oleh alasan. Karena itulah, diperlukan perhatian dan bimbingan guru agar kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan berbasis story book reading di SD, (2) mendeskripsikan hasil desain model pembelajaran membaca permulaan berbasis story book reading di SD dan (3) menentukan validitas, pratikalitas dan efektifitas model pembelajaran membaca permulaan berbasis story book reading di SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan merupakan penelitian yang melakukan kegiatan penyelidikan dalam rangka mengembangkan sebuah produk berupa buku. Dalam melakukan penelitian pengembangan harus dilakukan penyelidikan terlebih dahulu, setelah itu dapat dikembangkan produk baru berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama, Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan berbasis story book reading yang diperkaya dengan gambar ilustrasi di SD dilaksanakan tiga kali pembelajaran dengan langkah-langkah pendahuluan menyebutkan nama binatang, kegiatan pelaksanaan melakukan diskusi dan membaca buku cerita dan penutup yaitu menarik kesimpulan. Kedua Desain model pembelajaran membaca permulaan berbasis story book reading di SD Melalui Define, Design, Develop, Disseminate (4D), dilakukan sebagai berikut: Pertama Define yaitu melakukan analisis front end, melakukan analisis tugas, menentukan tujuan isntruksional. Kedua, Design, Tahap desain ini, untuk merancang buku model, buku siswa dan buku guru. Ketiga, Develop melakukan validasi kepada validator. Keempat, disseminate adalah pengujian produk akhir dan evaluasi. Ketiga, buku model, buku siswa dan buku guru membaca permulaan berbasis story book reading di SD yaitu sangat valid dilihat dari kelayakan isi, kebahasaan dan kegrafikan, buku guru dan buku siswa sangat praktis ditinjau dari kelayakan penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Model pembelajaran membaca permulaan berbasis story book reading di SD efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorRozimela, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN, STORY BOOK READING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Lingkungan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:06
Last Modified: 29 Feb 2024 09:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50595

Actions (login required)

View Item View Item