Andriani, Lilis
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Cerita Fabel Kelas VII siswa MTs se-Kota Padang.
Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan: (1) menghasilkan bahan ajar digital untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran fabel pada siswa kelas VII MTs se-kota Padang, (2) menghasilkan bahan ajar digital yang layak untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran fabel siswa kelas VII MTs se-kota Padang, dan (3) menghasilkan bahan ajar digital yang efektif untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran fabel siswa kelas VII MTs se-kota Padang. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Tiagarajan. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) tahap perancangan (devinen), (b) tahap desain (design), dan (c) tahap pengembangan (development), dan Penyebaran (desiminate). Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket respon siswa, dan instrumen naskah tes.
Penelitian ini (1) menghasilkan bahan ajar digital yang dikemas menggunakan geogle form dan dilengkapi buku petunjuk yang dapat digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar pendukung pembelajaran fabel, (2) produk yang dihasilkan dinilai sangat layak untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran fabel berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan subyek uji coba, dan (3) produk yang dihasilkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi cerita Fabel.
Actions (login required)
|
View Item |