Persepsi Mahasiswa Terhadap Konten Edukatif Tiktok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Ramadhan, Haekal (2023) Persepsi Mahasiswa Terhadap Konten Edukatif Tiktok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_03_HAEKAL_RAMADHAN_19004104_8072_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media sosial telah menjadi sumber belajar yang sedang naik daun pada saat sekarang ini. Karena pengguna dapat mengakses konten edukatif dari ahli atau pengguna dengan memiliki keterampilan tertentu. Dua tahun belakangan ini, beberapa mahasiswa kerap memanfaat Tiktok sebagai sumber belajar karena konten disajikan menghibur dan mendidik. Tujuan dari penelitian ini mengetahui dampak Konten Edukatif Tiktok dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Pada aplikasi Tiktok menjadi sorotan dikarenakan banyaknya konten bermuatan negatif. Meskipun demikian, bukan berarti seluruh konten di Tiktok bermuatan negatif. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Persepsi Mahasiswa terhadap Konten Edukatif Tiktok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, menggunakan teknik pumpulan menggunakan data angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan menggunakan Uji Validitas, Uji Realibilitas. dengan tujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara terperinci mengenai masalah yang akan diteliti berdasarkan data-data yang diperoleh sebelumnya melalui laporan penelitian berupa kuesioner yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisa dan dilanjutkan dengan merubah dalam bentuk kalimat dan paragraf serta ditarik kesimpulan untuk mendapatkan inti dari hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli-agustus 2023. Dengan lokasi penelitian di Fakultas Ilmu Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pada Persepsi mahasiswa terhadap aplikasi Tiktok dalam meningkatkan motivasi belajar didapatkan sebesar (86,41%) dikategorikan sangat baik pada variabel Aplikasi Tiktok. Kedua, Persepsi mahasiswa terhadap Konten edukatif Tiktok dalam meningkatkan motivasi belajar didapatkan sebesar (88,72%) dikategorikan sangat baik pada variabel Konten Edukatif Tiktok. ketiga, 3. Persepsi mahasiswa dalam meningkatkan Motivasi Belajar didapatkan sebesar (79,42%) dikategorikan baik pada variabel motivasi belajar. Data ini kemudian diolah dengan menentukan besaran persentase seluruh jawaban maka didapatkan hasil persentase sebesar 85,97 dengan kriteria “Sangat Baik”. Dengan hal tersebut menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap konten edukatif Tiktok sangat baik dalam memanfaatkan konten edukatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorSupendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:34
Last Modified: 29 Feb 2024 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50591

Actions (login required)

View Item View Item