Ramadhan, Haekal
(2023)
Persepsi Mahasiswa Terhadap Konten Edukatif Tiktok
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Media sosial telah menjadi sumber belajar yang sedang naik daun pada saat
sekarang ini. Karena pengguna dapat mengakses konten edukatif dari ahli atau
pengguna dengan memiliki keterampilan tertentu. Dua tahun belakangan ini,
beberapa mahasiswa kerap memanfaat Tiktok sebagai sumber belajar karena
konten disajikan menghibur dan mendidik. Tujuan dari penelitian ini mengetahui
dampak Konten Edukatif Tiktok dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Pada
aplikasi Tiktok menjadi sorotan dikarenakan banyaknya konten bermuatan
negatif. Meskipun demikian, bukan berarti seluruh konten di Tiktok bermuatan
negatif. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini
adalah Persepsi Mahasiswa terhadap Konten Edukatif Tiktok Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, menggunakan teknik
pumpulan menggunakan data angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang
dilakukan menggunakan Uji Validitas, Uji Realibilitas. dengan tujuan untuk
menggambarkan dan menjelaskan secara terperinci mengenai masalah yang akan
diteliti berdasarkan data-data yang diperoleh sebelumnya melalui laporan
penelitian berupa kuesioner yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisa dan
dilanjutkan dengan merubah dalam bentuk kalimat dan paragraf serta ditarik
kesimpulan untuk mendapatkan inti dari hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan
pada bulan juli-agustus 2023. Dengan lokasi penelitian di Fakultas Ilmu
Pendidikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pada Persepsi mahasiswa
terhadap aplikasi Tiktok dalam meningkatkan motivasi belajar didapatkan sebesar
(86,41%) dikategorikan sangat baik pada variabel Aplikasi Tiktok. Kedua,
Persepsi mahasiswa terhadap Konten edukatif Tiktok dalam meningkatkan
motivasi belajar didapatkan sebesar (88,72%) dikategorikan sangat baik pada
variabel Konten Edukatif Tiktok. ketiga, 3. Persepsi mahasiswa dalam
meningkatkan Motivasi Belajar didapatkan sebesar (79,42%) dikategorikan baik
pada variabel motivasi belajar. Data ini kemudian diolah dengan menentukan
besaran persentase seluruh jawaban maka didapatkan hasil persentase sebesar
85,97 dengan kriteria “Sangat Baik”. Dengan hal tersebut menunjukan bahwa
persepsi mahasiswa terhadap konten edukatif Tiktok sangat baik dalam
memanfaatkan konten edukatif.
Actions (login required)
|
View Item |