Hubungan Antara Dukungan Emosional Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang

Olivera, Febi (2023) Hubungan Antara Dukungan Emosional Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_04_Febi_Olivera_19005118_8116_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian belajar peserta didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang. Hal ini karena dukungan emosional orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan dukungan emosional orang tua (2) menggambarkan kemandirian belajar peserta didik dan (3) melihat hubungan dukungan emosional orang tua dengan kemandirian belajar di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Populasi penelitian adalah peserta didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang dari kelas I,II,III dan IV yang berjumlah 50 orang dan 70% dijadikan sampel yaitu 35 orang dengan menggunakan Teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus Persentase Product Moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) dukungan emosional orang tua tergolong rendah (2) kemandirian belajar peserta didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang tergolong masih rendah (3) terdapat hubungan signifikan antara dukungan emosional orang tua dengan kemandirian belajar peserta didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang. Disarankan kepada (1) orang tua hendaknya lebih meningkatkan dukungan emosionalnya untuk mengoptimalkan belajar peserta didik (2) bagi guru hendaknya bisa memberikan motivasi dan dorongan dalam pembelajaran sehingga dapat memunculkan semangat belajar yang membuat peserta didik memiliki kemandirian belajar (3) diharapkan kepada peneliti lain agar memilh variabel lain yang berhubungan dengan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorAzizah, ZahratulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:43
Last Modified: 28 Feb 2024 14:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50580

Actions (login required)

View Item View Item