Olivera, Febi
(2023)
Hubungan Antara Dukungan Emosional Orang Tua dengan
Kemandirian Belajar Peserta Didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota
Padang.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian belajar peserta
didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang. Hal ini karena dukungan
emosional orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan dukungan
emosional orang tua (2) menggambarkan kemandirian belajar peserta didik dan
(3) melihat hubungan dukungan emosional orang tua dengan kemandirian belajar
di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang.
Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi.
Populasi penelitian adalah peserta didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota
Padang dari kelas I,II,III dan IV yang berjumlah 50 orang dan 70% dijadikan
sampel yaitu 35 orang dengan menggunakan Teknik Stratified Random Sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data
menggunakan rumus Persentase Product Moment.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) dukungan emosional orang tua
tergolong rendah (2) kemandirian belajar peserta didik di TPA/TPQ Mushalla
Nurul HAQ Kota Padang tergolong masih rendah (3) terdapat hubungan
signifikan antara dukungan emosional orang tua dengan kemandirian belajar
peserta didik di TPA/TPQ Mushalla Nurul HAQ Kota Padang. Disarankan kepada
(1) orang tua hendaknya lebih meningkatkan dukungan emosionalnya untuk
mengoptimalkan belajar peserta didik (2) bagi guru hendaknya bisa memberikan
motivasi dan dorongan dalam pembelajaran sehingga dapat memunculkan
semangat belajar yang membuat peserta didik memiliki kemandirian belajar (3)
diharapkan kepada peneliti lain agar memilh variabel lain yang berhubungan
dengan kemandirian belajar.
Actions (login required)
|
View Item |