Pemetaan Ketersediaan Air Lahan Pertanian pada Daerah Aliran Sungai Batang Bayang Berbasis Geographic Information System (GIS)

Sipayung, Arthur Sapda Novryanly (2023) Pemetaan Ketersediaan Air Lahan Pertanian pada Daerah Aliran Sungai Batang Bayang Berbasis Geographic Information System (GIS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ARTHUR_SAPDA_NOVRYANLY_SIPAYUNG_17323030_8868_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kondisi irigasi di Pasaman Barat belakangan ini cukup memprihatinkan karena salah satu bendungan yaitu Bendung Lubuk King yang pembangunan jaringan irigasinya belum rampung. Hal ini berpengaruh pada pengairan di beberapa lahan pertanian. Masyarakat di Jorong Batang Gunung, Pasaman Barat masih mengalami kesulitan sumber air untuk dialirkan ke lahan pertanian mereka. Kesulitan yang dialami berupa ketidakstabilan debit dan kapan air mengalir. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan situasi, dan kondisi tentang ketersediaan air di daerah lahan pertanian di Jorong Batang Bayang akibat terbengkalainya pembangunan irigasi. Data diperoleh melalui pengukuran langsung di lapangan dan melalui lembaga terkait. Hasil penelitian menunjukkan terjadi kekurangan air pada bulan Mei dengan jadwal tanam yang dimulai pada Bulan Oktober. Dari seluruh luas sawah yaitu 244 ha, hanya sekitar 172,7 ha luas sawah yang dapat tercakup pengairan dari irigasi. Nilai efisiensi tersier pada saluran irigasi di Jorong Batang Gunung masing-masing adalah 72,9% dan 62,3% yang mana nilai tersebut belum memenuhi standar efisiensi saluran irigasi tersier 80%. Jadwal tanam yang dimulai pada bulan Oktober dan Maret mengalami lebih sedikit defisit air dibandingkan dengan jadwal tanam yang dimulai pada bulan Januari dan Juni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMETAAN KETERSEDIAAN AIR, GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:36
Last Modified: 28 Feb 2024 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50573

Actions (login required)

View Item View Item