Pembuatan Video Promosi Museum Tempat Kelahiran Bagindo Aziz Chan

Wulandari, Gerhana (2023) Pembuatan Video Promosi Museum Tempat Kelahiran Bagindo Aziz Chan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_GERHANA_WULANDARI_20026041_4506_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Museum Tempat Kelahiran Bagindo Aziz Chan memiliki media web dan Instagram sebagai media promosi Museum yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Namun dengan kurangnya penggunaan web dan Instagram yang memberikan informasi dan minimnya promosi menyebabkan Museum Tempat Kelahiran Bagindo Aziz Chan mengalami penurunan jumlah pengunjung yang datang. Oleh karena itu tujuan dari pembuatan makalah tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pembuatan Video Promosi Museum Tempat Kelahiran Bagindo Aziz Chanyang nantinya bisa dipergunakan sebagai media promosi bagi Museum Tempat Kelahiran Bagindo Aziz Chan. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif, secara sistematsi untuk menggambarkan situasi dan permasalahan dengan melakukan penelitian untuk mengumpulkan data, dengan dilakukannya wawancara terstruktur, mengenai Pembuatan Video Promosi Museum Tempat Kelahiran Bagindo Aziz Chan. Adapun tahap dalam pembuatan video promosi museum sebagai berikut: (1) pra produksi yaitu tahapan awal untuk persiapan dalam pengambilan gambar. Pada tahapan ini yang dilakukan yaitu pencarian dan penemuan ide, sinposis, treatment, storyboard, shooting script; (2) produksi yaitu tahapan pengambilan video sesuai dengan langkah yang ada pada tahapan pra produksi, yang berhubungan dengan adegan yang akan direkam dengan memperlihatkan naskah shooting script dan storyboard;(3) pasca produksi tahapan akhir dengan melakukan pengeditan potongan- potongan video yang telah direkam menjadi satu agar menjadi satu video yang utuh yang dan menjadi tayangan yang menarik dengan menggunakan aplikasi Cupcut. Produk ini diuji coba ke 10 orang responden melalui pengisian angket, yang meliputi pertanyaan kelayakan tampilan video, kelayakan promosi, dan kelayakan informasi. Berdasarkan hasil penilaian uji coba produk dengan pengisian angket mendapatkan jumlah presentase penilaian mencapai 87% dan telah memperbaiki beberapa perbaikan dalam video, yang dapat disimpulkan bahwa produk layak ditayangkan sebagai media promosi di Museum Tempat Kelahiran Bagindo Aziz Chan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:27
Last Modified: 26 Feb 2024 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50556

Actions (login required)

View Item View Item