Penerapan Data Mining untuk Penggelompokkan data Rekam Medis Pasien dengan Algoritma K-Means Clustering (Studi Kasus : RSUD M. Natsir Solok)

Wibowo, Tegar (2023) Penerapan Data Mining untuk Penggelompokkan data Rekam Medis Pasien dengan Algoritma K-Means Clustering (Studi Kasus : RSUD M. Natsir Solok). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_13_TEGAR_WIBOWO_ 18076094_81282023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RSUD M. Natsir Solok, Solok City menyediakan layanan kesehatan individu berupa kegiatan di dalam gedung meliputi pelayanan rawat inap dan rawat jalan dengan jam pelayanan 24 jam. Layanan rawat inap di termasuk layanan darurat dan layanan kesehatan dasar. Rekam medis adalah file yang berisi catatan dan dokumen mengenai identitas pasien, pemeriksaan, perawatan, tindakan dan layanan lain yang diberikan kepada pasien. Rekam medis harus dibuat secara tertulis, lengkap dan jelas atau secara elektronik. Masalah yang sering terjadi pada rekam medis adalah masalah tumpang tindih data rekam medis di rumah sakit. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan Data Mining. metode yang digunakan adalah Clustering, Clustering dilakukan dengan menggunakan K-Means Algorithm.Pengelompokan data rekam medis pasien dari proses Data Mining di atas adalah untuk menghasilkan informasi baru tentang pola pengelompokan penyebaran penyakit di setiap desa. Setelah pengelompokan data rekam medis pasien menggunakan metode K-Means clsutering terbentuk empat klaster, yaitu klaster pertama dengan total 562 item, Cluster dua dengan total 406 item, Cluster tiga dengan to�tal 791 item, dan Cluster empat dengan total 279 item. Hal ini dapat dijadikan acuan bagi pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan Kota Solok, untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan sumber penyakit berdasarkan diagnosis penyakit, usia dan jenis kelamin yang banyak diderita pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHendriyani, YekaUNSPECIFIED
ContractorNovaliendry, DonyUNSPECIFIED
CorrectorBudayawan, KhairiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: REKAM MEDIS, DATA MINING, KLUSTERING
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:07
Last Modified: 19 Feb 2024 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50548

Actions (login required)

View Item View Item