Prediksi Ukuran Fragmentasi Hasil Peledakan Menggunakan Model Rock Engineering System (RES) di PT Bhumi Rantau Energi Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan

Gonzales, Rahul (2023) Prediksi Ukuran Fragmentasi Hasil Peledakan Menggunakan Model Rock Engineering System (RES) di PT Bhumi Rantau Energi Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_Rahul_Gonzales_19137027_5324_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peledakan adalah proses pemberaian batuan (overburden) menggunakan bahan peledak. Ukuran batuan hasil peledakan disebut fragmentasi. Ukuran fragmentasi batuan hasil peledakan memiliki pengaruh penting terhadap proses berikutnya (penggalian dan pengangkutan). Peledakan di PT Bhumi Rantau Energi (BRE) menghasilkan boulder 30,925% sehingga waktu gali (digging time) yang diperlukan menjadi 12,33 detik yang berakibat pada digging rate hanya 510 BCM/jam. Hal ini masih jauh dari target PT BRE yaitu ukuran boulder <20%, digging time 11 detik dan digging rate 550 BCM/jam. Oleh karena itu, dibutuhkan metode untuk memprediksi ukuran fragmentasi yang dihasilkan dari geometri dan kondisi lokasi peledakan. Metode Kuz-ram adalah metode yang umum digunakan untuk memprediksi ukuran fragmentasi, namun metode ini hanya mempertimbangkan sedikit faktor dari pembentukan fragmentasi batuan. Model Rock Engineering System (RES) memiliki parameter yang lebih banyak untuk memprediksi ukuran fragmentasi daripada metode Kuz-ram. Oleh karena itu, model RES dengan 14 parameter digunakan dalam penelitian ini untuk memprediksi ukuran fragmentasi batuan hasil peledakan. Hasil analisa menyatakan bahwa model RES memiliki nilai R2 0,43 yang berarti bahwa terdapat hubungan sedang antara fragmentasi aktual dengan prediksi model RES. Selain itu, hasil evaluasi didapatkan bahwa model ini hanya memiliki nilai RMSE 9,37 yang berarti kemungkinan error nya kecil sehingga cocok digunakan untuk memprediksi ukuran fragmentasi batuan hasil peledakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorOctova, AdreeUNSPECIFIED
CorrectorNata, Refky AdiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:07
Last Modified: 19 Feb 2024 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50544

Actions (login required)

View Item View Item