Analisis Rancangan Kestabilan Lereng Sidewall Tambang Batubara KUD Sinamar Sakato, Kabupaten Dhamasraya, Provinsi Sumatera Barat

Zulmy, Rahmat (2023) Analisis Rancangan Kestabilan Lereng Sidewall Tambang Batubara KUD Sinamar Sakato, Kabupaten Dhamasraya, Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_Rahmat _Zulmy_17137103_4878_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KUD Sinamar Sakato merupakan suatu perusahaan yang bergerak pada bidang pertambangan batubara yang berlokasi di Jorong Sinamar, Nagari Sinamar Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dhamasraya. Pada lereng sidewall terdapat danau dengan luas area 32.058 m2 dan kedalaman danau mencapai 30 meter. Tekanan air yang ada di danau menyebabkan meningkatnya gaya penggerak pada lereng sidewall tambang batubara KUD Sinamar Sakato. Akibat besarnya gaya penggerak dari pada gaya penahan akan menyebabkan terjadinya kelongsoran pada lereng sidewall tambang batubara KUD Sinamar Sakato. Maka itu diperlukan kajian geoteknik seperti uji sifat fisik dan sifat mekanik pada sampel batuan, nilai faktor keamanan aktual dari lereng sidewall, memberikan rekomendasi geometri lereng sidewall dengan ketentuan Kepmen 1827 K/ME/30/2018. Analisis nilai faktor keamanan (FK) dan rekomendasi geometri lereng menggunakan metode bishop simplified. Hasil dari penelitian yaitu pertama dilakukan pemodelan didapatkan nilai faktor keamanan kritis pada lereng aktual sidewall di KUD Sinamar Sakato dengan menggunakan metode bishop simplified sebesar 1,041. Kedua, Setelah dilakukan permodelan pada lereng aktual sidewall dengan melakukan resloping sudut overall sebesar 53 derajat, dengan geometri lereng terdiri dari 2 slope, memiliki sudut lereng tunggal sebesar 65 derajat, dari geometri tersebut didapatkan nilai faktor keamanan lereng sidewall menggunakan metoda bishop simplified sebesar 1,315. Ketiga, rekomendasi rancangan geometri lereng keseluruhan hingga mencapai seam 3 terdiri dari 3 slope dengan sudut overall sebesar 41 derajat, sudut lereng tunggalnya sebesar 65 derajat dan tinggi lereng tunggalnya sebesar 22 meter, dengan menggunakan metoda bishop simplified didapatkan faktor keamanan lereng sidewall sebesar 1,302.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorKopa, RaimonUNSPECIFIED
CorrectorFadhilah, FadhilahUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:06
Last Modified: 19 Feb 2024 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50542

Actions (login required)

View Item View Item