Efektivitas Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Format Klasikal

Sutiono, Agus (2023) Efektivitas Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Format Klasikal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AGUS_SUTIONO_19006058_8252_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dijalin antara individu satu dengan individu yang lain. Apabila interaksi sosial siswa rendah maka akan kesulitan dalam berinteraksi. Siswa yang kesulitan berinteraksi sosial akan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan. Namun di lingkungan sekolah interaksi sosial siswa masih kurang dengan teman sebayanya. Siswa masih kurang bergaul dengan yang lain, acuh tak acuh, kurang kompak dalam kegiatan, sulit mengungkapkan pendapat saat diskusi kelompok, suka membuat keributan, masih suka menyendiri dan sulit bekerja sama dengan kelompok. Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas teknik role playing untuk meningkatkan interaksi sosial siswa dengan menggunakan format klasikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen rancangan The Non Equivalent Control Group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Padang, untuk sampel menggunakan purposive sampling dan didapatkan kelas XI F-9 dan XI F-11. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, dan Man Whitney U 2 Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan interaksi sosial yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Sehingga teknik role playing dikatakan efektif terhadap peningkatan interaksi sosial siswa di SMAN 1 Padang. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat melaksanakan teknik role playing dengan format klasikal untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:06
Last Modified: 19 Feb 2024 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50540

Actions (login required)

View Item View Item