Sutiono, Agus
(2023)
Efektivitas Teknik Role Playing untuk Meningkatkan
Interaksi Sosial Siswa Melalui Format Klasikal.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dijalin antara individu satu
dengan individu yang lain. Apabila interaksi sosial siswa rendah maka akan
kesulitan dalam berinteraksi. Siswa yang kesulitan berinteraksi sosial akan
sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan. Namun di lingkungan sekolah
interaksi sosial siswa masih kurang dengan teman sebayanya. Siswa masih
kurang bergaul dengan yang lain, acuh tak acuh, kurang kompak dalam
kegiatan, sulit mengungkapkan pendapat saat diskusi kelompok, suka
membuat keributan, masih suka menyendiri dan sulit bekerja sama dengan
kelompok.
Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas teknik role playing untuk
meningkatkan interaksi sosial siswa dengan menggunakan format klasikal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian
Quasi Eksperimen rancangan The Non Equivalent Control Group. Populasi
dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Padang, untuk sampel
menggunakan purposive sampling dan didapatkan kelas XI F-9 dan XI F-11.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis
dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, dan Man Whitney U 2
Independent Sample Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan interaksi
sosial yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Sehingga
teknik role playing dikatakan efektif terhadap peningkatan interaksi sosial
siswa di SMAN 1 Padang. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling
diharapkan dapat melaksanakan teknik role playing dengan format klasikal
untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.
Actions (login required)
|
View Item |